Eksotis! Satu-satunya Kafe di Pinggir Hutan TNKS, Sambil Ngopi Bisa Lihat Hutan Lebat dan Pohon Besar

Eksotis! Satu-satunya Kafe di Pinggir Hutan TNKS, Sambil Ngopi Bisa Lihat Hutan Lebat dan Pohon Besar

Menikmati pemandangan pinggir hutan TNKS dari teras Romi Kafe & Resto Muara Emat-Foto: Dona/Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Eksotis! Kafe ini menjadi satu-satunya tempat nongkrong di Provinsi Jambi yang berada di area perbatasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) tepatnya di Desa Muara Emat Kabupaten Kerinci.

 

Namanya Romi Kafe dan Resto. Duduk di kafe ini kita bisa melihat langsung hutan lebat TNKS dan pohon-pohon besar yang tumbuh di dalamnya.

 

Ya, TNKS berbatasan langsung dengan Sungai Batang Merangin selebar kurang lebih 30 meter dan Romi Kafe dan Resto berdiri tepat di seberangnya.

 

BACA JUGA:Mengintip Batu Raksasa Dekat Lokasi Kecelakaan Helikopter Polda Jambi, Spot Wisata Adventure Keren Banget!

 

Sambil menikmati secangkir kopi hitam atau teh panas, telinga kita juga akan akan dimanjakan oleh suara gemericik air yang bersumber dari aliran Sungai Batang Merangin yang deras dan berbatu.

 

Jika sedang beruntung, dari jarak tak jauh kita bisa pula melihat beberapa hewan sedang beraktivitas di pinggir hutan TNKS, seperti elang, orang hutan, burung dan lainnya. 

 


Burung terbang di atas hamparan hutan Muara Emat-Foto: Dok Mapala Siginjai Unja-

 

Desa Muara Emat selama ini memang dikenal sebagai desa tempat pemberhentian dan beristirahat kendaraan ketika hendak ke Kabupaten Kerinci maupun sebaliknya. 

 

Ada banyak warung di sini, termasuk rumah makan. Rata-rata telah berdiri sejak puluhan tahun lalu.

 

Melihat potensi alam dan juga minat masyarakat yang singgah semakin tinggi di desa ini, membuat Romi sang pemilik kafe,  mencoba menawarkan tempat ngopi dan tempat makan dengan konsep baru, lebih modern namun tetap menghadirkan suasana alam yang natural. 

 

“Kafe ini sengaja memberikan pemandangan alam yang ada di belakangnya, ada sungai dan hutan,” ujar Romi kepada Jambi Ekspres. 

 

Itu sebabnya, bangunan kafe ini konsepnya menghadap ke belakang, agar tamu bisa melihat langsung sungai dan juga hutan TNKS serta pohon-pohon besar yang ada di dalamnya.

 

Jika selama ini Muara Emat hanya dijadikan tempat singgah saja,  harapan Romi, dengan  kehadiran kafe ini diharapkan Muara Hemat ke depan juga bisa jadi salah satu spot tujuan wisata kuliner di Kabupaten Kerinci.

 

Selain menawarkan berbagai minuman hangat dan dingin. Romi Kafe & Resto juga menawarkan banyak list makanan. 

 

Apa menu favorit Romi Kafe & Resto? “Salah satunya adalah soto, menikmati soto panas di tengah sejuknya udara dan suasana alam, pemandangan hijau di Muara Emat,” lanjut Romi.  

 

Tak hanya itu, Romi Kafe & Resto juga menjual banyak oleh-oleh khas Kerinci serta beberapa cemilan khas Desa Muara Emat, salah satunya adalah Lapek Bugih.

 

Romi Kafe & Resto berada sekitar 360 kilometer dari Kota Jambi atau 60 kilometer dari Kota Sungai Penuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: