Berapa Kisaran Harga SPKLU Mobil Listrik? Simak Ulasannya Disini

Berapa Kisaran Harga SPKLU Mobil Listrik? Simak Ulasannya Disini

Mobil listrik wuling air ev--

3. Fast charging: waktu pengisian baterai paling cepat dibandingkan jenis SPKLU lainnya.

Tidak hanya itu, ada pula charging aki mobil listrik yang dapat dilakukan di SPKLU. Hal ini bertujuan untuk membantu pemilik mobil listrik agar bisa mengisi daya baterai mobil tanpa khawatir aki mobil listrik mati.

Harga SPKLU untuk Kendaraan Listrik

Harga SPKLU untuk mobil listrik bervariasi tergantung dari penyedia layanan dan jenis pengisian daya (biasa atau cepat). Melansir laman Lifepal, menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), harga SPKLU untuk mobil listrik berkisar antara Rp 1.650 per kWh sampai Rp 2.475 per kWh.

Sebagai gambaran, apabila Anda memilih biaya cas mobil listrik Rp 2.475 per kWh dan Anda mengisi mobil listrik yang memiliki kapasitas baterai 18 kWh seperti Wuling Air EV tipe Standard Range adalah Rp 2.475 x 18 = Rp 44.550 dengan jarak tempuh sekitar 200 km. Sebagai “mobil perang” andalan, Air ev yang compact ini cocok untuk aktivitas sehari-hari Anda, karena gesit bergerak di jalan dan memberikan kemudahan untuk parkir di tempat sempit.

Harga pengisian daya baterai di SPKLU juga biasanya dibedakan berdasarkan jenis charging yang tersedia, yaitu slow, medium, fast, dan ultra-fast charging. Jika dibandingkan dengan tarif listrik rumahan, harga SPKLU lebih tinggi karena menawarkan fasilitas kecepatan pengisian yang dapat menghemat waktu pengguna.

Perbedaan Harga dan Durasi SPKLU PLN vs Rumah

Perbedaan antara SPKLU PLN dan rumah sendiri adalah terletak pada tarif dan kecepatan pengisian daya. Tarif ngecas mobil listrik di SPKLU PLN adalah sekitar Rp 1.650 - Rp 2.475 per kWh, sedangkan tarif listrik rumahan untuk pelanggan 900 VA non-subsidi adalah sekitar Rp 1.352 per kWh.

Namun, keuntungan menggunakan SPKLU PLN adalah fasilitas fast charging yang mampu mengisi daya baterai mobil listrik dengan cepat, hanya dalam waktu 30 menit saja dari posisi kosong. Sedangkan jika mengecas di rumah sendiri, mungkin membutuhkan waktu lebih lama tergantung dari kapasitas baterai dan daya listrik yang tersedia.

Lokasi SPKLU untuk Charge Mobil Listrik

Bagi pengguna mobil listrik, mengetahui lokasi SPKLU sangat penting untuk memastikan daya baterai mobil selalu terisi penuh. Lokasi tersebut biasanya berada di tempat yang strategis. Berikut beberapa area SPKLU untuk charge mobil listrik:

SPKLU di Stasiun Pengisian BBM Pertamina

Sejak 2021, Pertamina telah membangun SPKLU di beberapa stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBU) miliknya. Saat ini, terdapat 135 SPKLU di 28 provinsi di Indonesia yang dapat digunakan oleh para pemilik mobil listrik. Lokasi SPKLU Pertamina dapat dilihat melalui aplikasi MyPertamina.

SPKLU di Jalan Tol

SPKLU juga dibangun di area jalan tol. Saat ini, terdapat beberapa SPKLU di jalan tol Jakarta-Cikampek dan Surabaya-Mojokerto. Lokasi SPKLU di jalan tol dapat dilihat melalui aplikasi tol online yang tersedia di masing-masing jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: