UNJA Launching Aplikasi e-Registrasi, SIMAWA, dan Presensi

UNJA Launching Aplikasi e-Registrasi, SIMAWA, dan Presensi

UNJA Launching Aplikasi e-Registrasi, SIMAWA, dan Presensi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) melalui Lembaga Pengembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi melaksanakan kegiatan launching pengembangan 3 aplikasi, yaitu aplikasi e-Registrasi, SIMAWA, dan Presensi. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat UNJA Mendalo pada hari Selasa (4/4/2023).

Kegiatan itu dibuka secara langsung oleh Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. Selain Rektor, hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan Fakultas, Ketua BAK, Sekretaris LPTIK, Subkoordinator Biro dan Lembaga, serta para staf operator akademik dan kemahasiswaan Fakultas dan Pascasarjana.

Ketua LPTIK UNJA yang diwakili Sekretaris LPTIK, Dr. Ir. Teguh Sumarsono, M.Si., menyampaikan laporan mengenai ketiga aplikasi yang dikembangkan LPTIK bekerja sama dengan BAK dan BUPK. “Tiga aplikasi ini sebenarnya sudah dibangun sejak lama, dengan upaya dari LPTIK hari ini dapat dilaunching. Pertama SIMAWA, ini bentuk UNJA memenuhi IKU kegiatan kemahasiswaan. Kedua, Presensi yang sebenarnya bukan baru, namun pengembangan dari yang sudah ada. Salah satunya adalah untuk masalah cuti. Dan ketiga adalah e-Registrasi yang merupakan inovasi dari BAK untuk membantu mahasiswa melakukan registrasi. Ini semua bentuk kerja sama LPTIK dengan beberapa unit yang terlibat dalam pengembangannya,” jelas Dr. Teguh.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., mengapresiasi kinerja LPTIK yang selalu mengembangkan sistem integrasi di UNJA dan menjelaskan latar belakang di balik terciptanya 3 aplikasi tersebut. “Launching pada hari ini sifatnya pengembangan dari aplikasi yang kita sudah punya sebelumnya. Pertama ada SIMAWA, yang dilatarbelakangi IKU 1 kita yang masih rendah. Kedua, ada Presensi, ini menyangkut database kehadiran. Selama ini ada kasus dimana setelah melakukan presensi ternyata pergi kemana-mana dan tidak ada di kantor. Hal ini juga berhubungan dengan pembayaran remunerasi kita di UNJA yang sudah dibayar full. Terakhir ada registrasi mahasiswa, ini mohon untuk terus diupdate karena yang namanya sistem pasti selalu ada pembaharuan. Kita harus melakukan rekam jejak terhadap pengelolaan dana kita khususnya uang registrasi mahasiswa. Terima kasih kepada LPTIK yang setiap tahun betul-betul mendapat tantangan yang luar biasa. Pesan kami kepada LTPIK mohon untuk kita adakan audit sistem yang ada,” ujar Rektor UNJA.

Khusus pada aplikasi e-Registrasi akan melayani mahasiswa dalam melaksanakan tagihan biaya kuliah, usulan program/relaksasi UKT, permohonan cuti kuliah, permohonan surat keterangan aktif, pindah Prodi di dalam UNJA, dan pindah Prodi di luar UNJA. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: