6 Jalur Masuk UGM Tanpa Tes Tidak Wajib Sertifikat Prestasi

6 Jalur Masuk UGM Tanpa Tes Tidak Wajib Sertifikat Prestasi

UGM membuka peluang masuk jalur prestasi tanpa tes tidak wajib ada serttifkat prestasi-Foto: Dok UGM-

YOGYAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Bagi siswa yang berprestasi namun tak punya banyak sertifikat lomba dan sertifikat prestasi lainnya, mungkin bisa mencoba 6 jalur masuk UGM (Universitas Gadjah Mada) ini.

 

UGM sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru 2023 melalui 7 jalur prestasi dan 6 diantaranya tidak wajib ada sertifikat. 6 Jalur tersebut adalah sebagai berikut :

 

1. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) 2023

Jalur seleksi ini ditujukan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan yang diusulkan serta dibiayai sepenuhnya oleh Mitra UGM yang kredibel sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan SDM.

 

BACA JUGA:Tes Masuk UGM Digelar di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Jawa. Ini Kota dan Jadwal Jalur Mandiri CBT

 

BACA JUGA: Senangnya! Harga BBM Setara Pertalite Turun Rp 1.800/Liter, Ini Harga Baru Pertalite-Pertamax 3 April 2023

 

BACA JUGA:Yes! BBM Kompak Turun Rp 830-1.800/Liter, Cek Harga Pertamax-Pertalite di SPBU 34 Provinsi per 2 April 2023

 

Mitra UGM adalah Pemerintah Daerah/institusi pemerintah, yayasan, dan/atau perusahaan yang telah melakukan kerja sama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun.

 

BACA JUGA:Catat! Mudik ke 10 Provinsi di Sumatera, 4 Provinsi Tidak Ada Jalan Tol, Sisanya Bisa Sat Set Gas Poll

 

BACA JUGA:Mantap! Mudik Lebaran 2023, Tol Cisumdawu Dibuka

 

Pendaftaran jalur ini dimulai sejak 28 Maret dan berakhir 12 April 2023 Pukul 15.00 WIB. Pengumuman akan dilakukan 15 Mei 2023.

 

Syarat Khusus:

1.Telah lulus SMA/MA/SMK/sederajat pada tahun berjalan

2.Diusulkan dan dibiayai oleh Mitra UGM

3.Nilai pengetahuan dalam rapor ≥ Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), atau semester 1 (satu), Sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan program 4 (empat) tahun.

4. Merupakan 25% (dua puluh lima persen) siswa terbaik di kelasnya

5. Bersedia membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Unggul, Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul, dan Kontribusi Subsidi Silang (KSS).

 

Dokumen yang Diperlukan:

1.Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10).

2.Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (unduh format surat).

3.Surat Rekomendasi dari mitra (unduh format surat).

4.Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai sesuai Perjanjian Kerja Sama (unduh format surat);

5. Kerja sama yang sudah dan akan dilaksanakan di luar bidang pendidikan (misalnya penelitian/pengabdian kepada masyarakat/pengembangan kapasitas institusi) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM di masa yang akan datang (unduh format surat);

6. Nota kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku;

7.Jika ada, Sertifikat prestasi maksimal 3, baik kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA.

 

BACA JUGA:Bukan Jalur SNBP tapi UI Banyak Terima Mahasiswa Baru 2023 Melalui Jalur Ini

 

2. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) 2023

Jalur seleksi ini merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap calon peserta dengan kemampuan akademik tinggi, tetapi terkendala keterbatasan ekonomi.

 

Persyaratan:

1.Memiliki Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) atau pendaftar Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial;

2.Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya sebesar ≤ Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) perbulan;

3. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak sebesar Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) perbulan;

4. Pendidikan orang tua/wali penanggung biaya setinggi-tingginya Sarjana (S1) atau Sarjana Terapan (D4);

5. Telah lulus SMA/MA/SMK/sederajat pada tahun berjalan;

6. Nilai pengetahuan dalam rapor ≥ Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun; dan

7. Direkomendasikan oleh sekolah dan termasuk 25% (dua puluh lima persen) siswa terbaik di kelasnya.

Pendaftaran jalur ini dimulai sejak 28 Maret dan berakhir 12 April 2023 Pukul 15.00 WIB. Pengumuman akan dilakukan 15 Mei 2023.

 

Dokumen yang diperlukan diantaranya rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):

Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (unduh format surat).

 

Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA atau sederajat (apabila ada; maksimal 3 sertifikat juara terbaik yang dimiliki).

 

Surat Keterangan Penghasilan kedua orang tua/wali/penanggung biaya, berupa gaji dan/atau penghasilan lainnya (misalnya sertifikasi profesi, tunjangan jabatan, dan tunjangan tambahan lainnya) yang disahkan oleh: (unduh format surat)

Kartu Keluarga.

 

Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Bukti Pendaftaran KIP-K atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau kartu sejenisnya yang dikeluarkan oleh pemerintah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).

 

BACA JUGA:Gagal SNBP? Bersiap Ikut Tes UTBK-SNBT Terakhir 14 April 2023, Berikut Materi Ujian dan Biayanya

 

3. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) Tugas Belajar Sekolah Vokasi 2023

Jalur seleksi ini ditujukan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan yang diusulkan serta dibiayai sepenuhnya oleh Mitra UGM yang kredibel sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan SDM.

 

Mitra UGM adalah Pemerintah Daerah/institusi pemerintah, yayasan, dan/atau perusahaan yang telah melakukan kerja sama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun.

 

Pendaftaran jalur ini dimulai sejak 28 Maret dan berakhir 12 April 2023 Pukul 15.00 WIB. Pengumuman akan dilakukan 15 Mei 2023.

 

Syarat Khusus:

1.Diusulkan dan dibiayai oleh Mitra UGM;

2.Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat 3 (tiga) tahun terakhir dibuktikan dengan ijazah;

3.Masih bekerja pada instansi Mitra UGM pada saat mendaftar;

4.Nilai pengetahuan pada rapor ≥ Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun; dan

5.Bersedia membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Unggul, Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul, dan Kontribusi Subsidi Silang (KSS).

 

Dokumen yang diperlukan:

1.Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):

2.Surat Rekomendasi dari mitra (unduh format surat);

3.Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (mitra) untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai sesuai Perjanjian Kerja Sama (unduh format surat);

4.Kerja sama yang sudah dan akan dilaksanakan di luar bidang pendidikan (misalnya penelitian/pengabdian kepada masyarakat/pengembangan kapasitas institusi) antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM di masa yang akan datang (unduh format surat);

5.Nota kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara instansi pengusul (mitra) dengan UGM yang masih berlaku;

6.Apabila ada, Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMA/SMK/MA (maksimal 3 sertifikat juara terbaik yang dimiliki).

 

4. Penelusuran Bibit Unggul SMK (PBUSMK) 2023

Jalur seleksi ini merupakan jalur seleksi bagi siswa SMK melalui seleksi prestasi akademik sebagai upaya untuk menjaring calon Mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di sekolah.

 

Pendaftaran jalur ini dimulai sejak 28 Maret dan berakhir 12 April 2023 Pukul 15.00 WIB. Pengumuman akan dilakukan 15 Mei 2023.

 

Syarat Khusus:

1. Lulus SMK sederajat pada tahun berjalan;

2. Nilai pengetahuan pada rapor ≥ Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan program 4 (empat) tahun;

3. Mendapat rekomendasi dari sekolah dan termasuk 25% (dua puluh lima persen) siswa yang terbaik di kelasnya; dan

4. Memilih Program Studi Sarjana Terapan.

 

Dokumen yang diperlukan:

1. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):

2. Sertifikat prestasi dalam kejuaraan tingkat provinsi/nasional/internasional dan setara, yang diperoleh selama menempuh pendidikan jenjang SMK (apabila ada; maksimal 3 sertifikat juara terbaik yang dimiliki).

3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk masing-masing pendaftar (unduh format surat);

4. Surat Kesanggupan Pembiayaan (unduh format surat);

5. Surat Keterangan Penghasilan kedua orang tua/wali/penanggung biaya, berupa gaji dan/atau penghasilan lainnya (misalnya sertifikasi profesi, tunjangan jabatan, dan tunjangan tambahan lainnya) yang disahkan oleh: (unduh format surat)

 

5. Penelusuran Bibit Unggul 3T (PBU 3T) 2023

Jalur seleksi ini merupakan jalur seleksi bagi siswa Kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) yang memenuhi kriteria umum Pendaftar PBU 3T.

 

Pendaftaran jalur ini dimulai sejak 28 Maret dan berakhir 12 April 2023 Pukul 15.00 WIB. Pengumuman akan dilakukan 15 Mei 2023.

 

Syarat Khusus:

1. Berasal dari Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) sebagaimana tercantum dalam Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 967/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar Dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Gadjah Mada sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 218/UN1.P/KPT/HUKOR/2023 tentang Perubahan Atas Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 967/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar Dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Gadjah; (unduh SK)

2. Dibiayai oleh Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten) yang telah memiliki MoU dengan UGM pada bidang kerja sama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat);

3, Memilih Program Studi sesuai dengan Rencana Pengembangan Keunggulan Daerah; dan

memiliki surat rekomendasi dari KAGAMA, Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten), Kepala Dinas Pendidikan setempat yang menyatakan:

Pilihan Program Studi sesuai dengan Rencana Pengembangan Keunggulan Daerah;

4, Kesanggupan untuk menanggung biaya hidup dan biaya pendidikan selama Mahasiswa menempuh pendidikan di UGM, termasuk apabila diperlukan matrikulasi; dan,

dalam hal yang akan menanggung biaya hidup dan biaya pendidikan adalah mitra non-Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten), maka surat kesanggupan ini berasal dari mitra penanggung biaya.

 

Dokumen yang diperlukan:

1. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):

2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (unduh format surat);

3. Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya (instansi/pemda/mitra) untuk membayar biaya hidup dan biaya pendidikan selama Mahasiswa menempuh pendidikan di UGM, termasuk apabila diperlukan matrikulasi, sesuai Perjanjian Kerja Sama (unduh format surat);

5. Surat Rekomendasi Kepala Dinas Pendidikan setempat (unduh format surat);

4. Surat Rekomendasi Pengda Kagama dan Pemda (unduh format surat);

 

6. Penelusuran Bibit Unggul 3T (PBU 3T)-Laboratorium Tridharma UGM 2023

Jalur seleksi ini merupakan jalur seleksi bagi siswa Kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) yang memenuhi kriteria umum Pendaftar PBU 3T dan daerahnya bersedia menjadi laboratorium tridarma UGM.

 

Pendaftaran jalur ini dimulai sejak 28 Maret dan berakhir 12 April 2023 Pukul 15.00 WIB. Pengumuman akan dilakukan 15 Mei 2023.

 

Syarat Khusus:

1. Berasal dari Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) sebagaimana tercantum dalam Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 967/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar Dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Gadjah Mada sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 218/UN1.P/KPT/HUKOR/2023 tentang Perubahan Atas Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 967/UN1.P/KPT/HUKOR/2022 tentang Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar Dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Universitas Gadjah; (unduh SK)

2.Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten) telah memiliki MoU dengan UGM dalam hal kerja sama di bidang tridharma dan bersepakat untuk menjadikan daerah tersebut sebagai laboratorium lapangan tridharma UGM;

3.Memilih Program Studi sesuai dengan Rencana Pengembangan Keunggulan Daerah;

4.Mempunyai surat rekomendasi dari Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten), Kepala Dinas Pendidikan, dan KAGAMA setempat yang menyatakan:

pilihan Program Studi sesuai dengan Rencana Pengembangan Keunggulan Daerah; dan

dan Kesanggupan untuk menanggung biaya hidup dan biaya pendidikan selama Mahasiswa menempuh pendidikan di UGM, termasuk apabila diperlukan matrikulasi.

5.Dalam hal yang akan menanggung biaya hidup dan biaya pendidikan adalah mitra non-Pemerintah Daerah (Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten), maka surat kesanggupan ini berasal dari mitra penanggung biaya.

 

BACA JUGA:Ayo! Masuk UGM Tanpa Tes Jalur PBUB Terakhir Daftar 12 April, Ini Info Lengkapnya

 

Prosedur mendaftar pada 6  jalur prestasi masuk UGM tanpa tes dan tidak wajib sertifikat prestasi ini 

bisa langsung kamu lakukan dengan membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/pendaftaran dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Selamat mencoba, semoga sukses! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: