Catat! Mudik ke 10 Provinsi di Sumatera, 4 Provinsi Tidak Ada Jalan Tol, Sisanya Bisa Sat Set Gas Poll

Catat! Mudik ke 10 Provinsi di Sumatera, 4 Provinsi Tidak Ada Jalan Tol, Sisanya Bisa Sat Set Gas Poll

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merilis beberapa ruas jalan tol yang bisa ditempuh untuk mudik Lebaran 2023 ini.-Dok BPJT-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Catat! jika anda melakukan perjalanan mudik ke 10 Provinsi di Sumatera, akan ada 4 Provinsi yang tidak ada jalan tol namun sisanya anda bisa sat set gas pol lakukan perjalanan mudik.

 

Berdasarkan data yang dikutip Jambi Ekspres dari Badan Pengatur Jalan Tol PUPR, proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) memang telah dimulai hampir di semua provinsi yang ada di Sumatera, namun tidak semuanya dalam posisi beroperasi, bahkan ada provinsi yang belum dimulai konstruksinya sama sekali.

 

Berikut data jalan tol di wilayah Sumatera untuk acuan perjalanan mudik 2023, provinsi dimulai dari paling utara.

 

1. Provinsi Lampung (Ada Tol)

Di Provinsi Lampung, pemudik akan menemukan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer. Ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar telah beroperasi sejak tahun 2019.

 

Jika menggunakan kecepatan 80 kilometer per jam, maka untuk melewati jalur ini pemudik hanya memakan waktu kurang dari dua jam.

 

2 Provinsi Sumatera Selatan (Ada Tol)

Memasuki Sumatera Selatan, pemudik akan langsung menjumpai Tol Pematang Panggang dan Tol Kayu agung, merupakan lanjutan dari Tol Tol Bakauheni - Terbanggi Besar. Tol ini berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan.

 

Jalan Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung atau Jalan Tol Terpeka adalah jalan tol sepanjang 189,2 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), terletak di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan.

 

Kemudian, di Sumatera Selatan pemudik juga akan menemukan ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung. Ada dua tol di ruas ini yang sudah operasi yaitu Tol Kayu Agung-Jakabaring dan Tol Jakabaring-Jalan Lintas Timur.

 

Dalam target, akan ada satu jalan tol lainnya di Sumatera selatan yang akan operasi pada musim libur Lebaran nanti yaitu Tol Indralaya-Prabumulih.

 

Direktur Operasi III PT Hutama Karya, Selo Tjahjono, progres konstruksi tol ini telah mencapai 94,76 persen per akhir Februari 2023 lalu .

 

Targetnya tol ini akan mulai dibuka 15 April 2023. Untuk kepastiannya masih dalam konfirmasi Jambi Ekspres ke pihak Hutama Karya sebagai pengembang tol ini.

 

3. Provinsi Bengkulu (Ada Tol)

Mudik ke Provinsi Bengkulu anda akan menemukan jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu. Ini merupakan bagian dari Ruas Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu yang dikembangkan oleh PT Hutama Karya.

 

Tol Taba Penanjung-Bengkulu sudah operasi sejak Desember 2022 sepanjang 17,2 kilometer dan bisa digunakan pemudik Lebaran 2023 untuk akses ke Provinsi Bengkulu.

 

4. Provinsi Jambi (Tidak Ada Konstruksi Tol)

Perjalanan di wilayah Provinsi Jambi anda tidak akan menemukan satu pun ruas jalan tol.

 

Pembangunan Jalan tol di Provinsi Jambi belum dimulai sama sekali meski pembebasan lahan telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

 

Dalam peta JTTS, tol Jambi seharusnya mengarah pada dua provinsi tetangganya.

 

Pertama yaitu Tol Jambi-Tempino-Betung menuju Sumatera Selatan sepanjang 190 kilometer, kemudian Tol Jambi - Rengat menuju Provinsi Riau sepanjang 198 kilometer.

 

Karena belum ada satupun yang dibangun, maka sebaiknya pemudik tetap menempuh jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten kota yang tersedia di Provinsi ini.

 

5. Provinsi Riau (Ada Tol)

Di Provinsi Riau, pemudik akan menemukan dua jalan tol. Pertama yaitu Jalan tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 30,89 kilometer.

 

Kemudian pemudik bisa menempuh Tol Pekanbaru - Dumai. Kalau hendak ke Medan, tol ini direkomendasi untuk dilalui dari Pekanbaru atau sebaliknya.

 

Tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 131 kilometer bisa ditempuh dalam waktu dua jam kurang dengan kecepatan minimal 80 kilometer per jam. 

 

Tol ini mengalami lonjakan pengguna sejak operasi tahun 2020 lalu jadi harap tetap berhati-hati karena selama mudik tol ini dipastikan akan padat.

 

6. Provinsi Sumatera Barat (Tidak Ada Tol Operasi)

Perjalanan mudik di wilayah Sumatera Barat Anda tidak akan menemukan satu pun jalan tol.

 

Pembangunan Jalan tol di Provinsi Sumbar memang telah dimulai untuk rute Padang-Sicincin sepanjang 36 kilometer namun masih dalam tahap konstruksi dan targetnya baru akan selesai pada Lebaran tahun 2024 mendatang.

 

Sejatinya jalan tol di wilayah Sumatera Barat akan menembus hingga Pekanbaru sepanjang kurang lebih 254,8 kilometer. 

 

Jika jalan tol rute ini selesai, maka waktu tempuh dari Kota Padang menuju Pekanbaru hanya akan menghabiskan 3,5 jam saja dengan kecepatan 80 kilometer per jam.

 

Sebaiknya pemudik tetap menempuh jalan nasional, jalan provinsi, kabupaten/kota yang tersedia di Provinsi ini karena tahun ini belum ada jalan tol yang operasi.

 

7. Provinsi Sumatera Utara (Ada Tol)

Di Sumatera Utara, pemudik akan menemukan jalan tol pertama dan tertua di Pulau Sumatera yaitu tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa. Jalan tol ini memiliki bentangan sepanjang 34 kilometer.

 

Jalan tol ini dibangun tahun 1986, bukan zaman Jokowi, tapi pada zaman kepemimpinan Presiden RI kedua yaitu Soeharto.

 

Pemudik yang pulang ke Sumatera Utara juga bisa memanfaatkan ruas tol lainnya di Sumatera Utara yaitu Ruas Tol Medan - Binjai Sepanjang 17,67 kilometer yang terdiri dari bentangan Tol Tj Mulia - Marelan, Tol Helvetia - Marelan, Tol Helvetia - Sei Semayang dan Tol Sei Semayang - Binjai.

 

Tol Binjai-Stabat juga sudah bisa digunakan pemudik sepanjang 11,8 kilometer karena telah operasi sejak 2022 lalu.

 

Ada satu ruas tol lain di Sumatera Utara yang ditargetkan bisa operasi dalam waktu dekat yaitu Tol Indrapura - Kisaran yang menghubungkan Kabupaten Batubara di sisi Utara dan Kabupaten Asahan di sisi Selatan.

 

Namun hingga berita ini dibuat Jambi Ekspres, belum ada kepastian apakah Tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47.65 kilometer ini bisa operasi pada musim mudik Lebaran 2023 mengingat progres konstruksinya hingga Maret 2023 masih 79 persen.

 

8. Provinsi Aceh (Ada Tol)

Mudik ke Provinsi Aceh tahun ini, pemudik akan menemukan beberapa jalan tol yang telah operasi.

 

Jika melakukan perjalanan rute Sigli-Aceh, anda akan menemukan Ruas Tol Sigli-Banda Aceh yang terdiri dari Tol Seulimeum-Jantho sepanjang 6,26 kilometer, Tol Jantho-Indrapuri 16,37 kilometer dan Tol Indrapuri-Blang Bintang 14,6 kilometer.

 

9. Provinsi Kepri (Tidak Ada Kontruksi Tol)

Ada satu proyek Jalan Tol Trans Sumatera di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang berada di Pulau Batam yaitu Tol Batu Ampar-Hang Nadim.

 

Namun Tol Batam termasuk proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang belum diapa-apakan.

 

Data yang diperoleh Jambi Ekspres dari PT Hutama Karya, Tol Batu Ampar-Hang Nadim memiliki panjang 25 kilometer.

 

Jadi mudik tahun ini di Kepri, anda tidak akan menemukan jalan tol, tetap berhati-hati lewati jalur jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten/kota dan jalur air atau laut karena ini merupakan daerah kepulauan. 

 

10. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Tidak Ada Tol)

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak masuk dalam peta proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

 

Hingga saat ini belum ada rencana PUPR melakukan pembangunan jalan tol di provinsi ini. 

 

Jika mudik ke Provinsi Bangka Belitung, anda hanya akan menemukan jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten serta jalur perairan/laut karena ini merupakan daerah kepulauan kedua di Sumatera setelah Kepri. 

 

Demikianlah referensi jalan tol di Sumatera untuk acuan pemudik 2023. Selamat pulang kampung dan tetaplah berhati-hati menempuh jalan darat. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: