Syafril Nursal Incar Kursi Senayan, Bersaing Dengan Zulfikar Dan Iday

Syafril Nursal Incar Kursi Senayan, Bersaing Dengan Zulfikar Dan Iday

Syafril Nursal Incar Kursi Senayan--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Mantan Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Pol (Purn) Syafril Nursal ikut meramaikan bursa calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jambi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Beredar kabar bahwa Syafril Nursal bakal maju lewat Demokrat yang sebelumnya juga menjadi partai pengusung ketika dirinya maju sebagai calon wakil gubernur Jambi berpasangan dengan Fachrori Umar pada Pilgub 2020 lalu. 

Usai purna tugas dan memutuskan bertarung di Pilgub Jambi kala itu, Mantan Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri ini memang sudah menjadi bagian dari partai Demokrat. Bahkan ia sudah mengantongi KTA dan secara resmi terdaftar sebagai kader partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Bertarung di Demokrat, juga bukan langkah mudah bagi Syafril Nursal. Ia harus bersaing dengan dua pentolan Demokrat Jambi yakni Zulfikar Ahmad dan Syamsurizal yang akrab disapa Iday. 

Zulfikar Ahmad merupakan kandidat petahana, anggota DPR RI periode 2019-2024. Ia juga adalah mantan Bupati Bungo dua periode yang memiliki basis dukungan besar. 

Sedangkan Iday adalah sekretaris DPD Demokrat Provinsi Jambi yang juga adalah Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tebo.  Selain menguasai infrasturuktur partai, Iday juga memiliki banyak dukungan terutama di Kabupaten Tebo.

Iday tidak membantah kabar bahwa Syafril Nursal bakal maju ke Senayan lewat partai Demokrat. “Iya kabarnya seperti itu. Tapi terkahir kita cek belum daftar. Kita kita tau kedepannya,” ujarnya,” ujarnya, Rabu (15/3/2023).

Iday mengatakan bahwa untuk penjaringan Caleg DPR RI sepenuh merupakan kewenangan Badan Pemenagan Pemilu (Bappilu) DPP Demokrat. Nama-nama yang mendaftar akan diproses di sana untuk kemudian disampaikan kepada ketua umum.

“Prosesnya itu di pusat semua dibawah keweangan Bappilu DPP Demokrat. Nanti diserahkan kepada Ketua Umum dan diputuskan oleh Majlis Tinggi,” terangnya. 

Meski begitu, kata Iday, partai Demokrat Jambi sangat terbuka dengan siapapun yang ingin berjuang bersama Demokrat.  “Kita terbuka, siapapun bisa mendaftar. Mari kita sama-sama membersarkan partai Demokrat,” ungkapnya.

Lantas bagaimana dengan progress pencalegan ditingkat Provinsi dan kabupaten/kota? Iday mengaku semua daftar caleg di Provinsi dan kabupaten/kota sudah 100 persen. Bahkan nama-nama yang terjaring sudah diserahkan ketingkat pusat.

“Kalau itu sudah selesai. Daftar caleg Demokrat di Jambi sudah 100 persen dan telah diserahkan ke DPP,” ungkapnya. 

Hanya saja, tidak menutup kemungkinan masih terjadi perubahan menyesuaikan dengan dinamika politik dimasing-masing tingkatan. Apalagi proses pendaftaran Caleg di Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih cukup lama. 

“Kalau bicara berubah, bisa saja ada kemungkinan berubah. Tegantung dengan dinamika. Biasa lah kalau ada yang potensial setelah melihat ketokohan dan skornya,” pungkasnya. (aiz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: