Kuliah “Double Degree” UI, 2 Tahun Ngampus di Depok dan 2 Tahun di Luar Negeri, Ini Info Lengkapnya

Kuliah “Double Degree” UI, 2 Tahun Ngampus di Depok dan 2 Tahun di Luar Negeri, Ini Info Lengkapnya

Universitas Indonesia tahun 2023 menerima 10.159 mahasiswa baru melalui tiga jalur-www.ui.ac.id-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mungkin belum banyak yang mengetahui apa itu kuliah double degree di Kelas Khusus Internasional Universitas Indonesia atau KKI UI . 

 

Belakangan program ini sering disebut-sebut setelah salah satu anak pejabat bea cukai yang viral suka pamer kemewahan ternyata juga mengambil program ini di Universitas Indonesia. 

 

Sebenarnya apa itu program double degree KKI UI? Mengutip dari situs resmi Universitas Indonesia, ternyata ini merupakan program sarjana Universitas Indonesia yang bekerjasama dengan universitas-universitas terbaik di luar negeri.

 

Double degree memberi mahasiswa dua gelar. Misalnya jika mengambil jurusan ekonomi, maka akan mendapat gelar SE dari UI dan Bachelor Degree dari kampus luar negeri, seperti BSc, BComm. 

 

Mahasiswa yang kuliah akan menghabiskan masa studi normal selama 4 tahun, dua tahun atau 8 semester menjalani pendidikan di UI ngampus di Depok dan dua tahun lainnya di universitas mitra luar negeri, atau 2,5 tahun di UI dan 1,5 tahun di universitas mitra luar negeri.

 

Berbagai kampus tercatat sebagai mitra UI tempat mahasiswanya melanjutkan kuliah. Diantaranya University of Melbourne, University of New South Wales, University of Queensland, University of Adelaide, Victoria University of Wellington, University of Amsterdam, Tilburg University, dan University of Birmingham dan lainnya.

 

Siapa saja yang bisa mengambil program ini? S1 KKI double degree diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijazah maksimal 5 tahun kelulusan pada saat pendaftaran. 

 

Contohnya: pendaftaran 2023 untuk lulusan 2023, 2022, 2021, 2020, 2019. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-KKI dengan materi ujian Social Sciences atau Natural Sciences sesuai dengan kelompok program studi yang dipilih dan jalur prestasi akademik Talent Scouting.

 

Adapun syarat lainnya Memiliki TOEFL Institusional yang disertifikasi ETS (PBT 550 atau iBT 70) atau IELTS 6. sertifikat TOEFL/IELTS di upload dalam account pendaftaran. 

 

Kemudian tidak buta warna, sehat jasmani dan mental, bebas narkoba dan mengikuti ujian MMPI dan Wawancara (daring/online) hanya untuk peserta lolos seleksi tulis

 

Berbagai program studi dibuka dalam program KKI UI ini, diantaranya Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi

 

Kemudian Teknik ada Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Bioproses

 

Dibuka juga program studi Ilmu Komputer, Psikologi, Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan juga Ilmu Hukum

 

Lantas berapa biaya kuliahnya? Bervariasi, mulai dari Rp 30 jutaan hingga paling mahal mencapai ratusan juta per semester, tergantung jurusan dan juga keperluan lainnya yang harus dikeluarkan selama kuliah. 

 

Selain double degree S1 Kelas Internasional (KI) juga membuka program Gelar Tunggal (Single Degree) . 

 

Program Single Degree memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan atau pengalaman magang di universitas mitra di luar negeri selama 1 sampai 2 semester. Namun di program Gelar Tunggal ini, mahasiswa hanya akan memperoleh gelar kesarjanaan dari UI.

 

Single Degree terbuka untuk program studi Kedokteran Gigi, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Perkapalan dan Teknik Bioproses

 

Juga ada program studi Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Islam dan Bisnis Islam Kemudian juga untuk program studi Ilmu Hukum dan Ilmu Komunikasi.

 

Sebenarnya selain UI, juga ada beberapa kampus di Indonesia yang membuka program serupa, diantaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Negeri Yogyakarta.

 

Bagaimana? Minat? Info lebih lanjut kamu bisa langsung buka website resmi perguruan tinggi yang kamu inginkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: