Dukung Pelestarian Budaya Keagamaan, Kemas Al Farabi Hadiri Ziarah 1 Abad Perukunan Tsamaratul Insan

Dukung Pelestarian Budaya Keagamaan, Kemas Al Farabi Hadiri Ziarah 1 Abad Perukunan Tsamaratul Insan

Dukung Pelestarian Budaya Keagamaan, Kemas Al Farabi Hadiri Ziarah 1 Abad Perukunan Tsamaratul Insan--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Anggota DPRD Provinsi Jambi, Kemas Al Farabi menghadiri acara Ziarah Kubro dan Haul Masyayikh dalam rangka peringatan 1 Abad Perukunan Tsamaratul Insan, pada Minggu (26/2/2023). 

Menurut Kemas, pelestarian budaya keagamaan diperlukan untuk mengingat perjuangan para ulama terdahulu. 

"Saya mendukung kegiatan haul ziarah maqam ini dijadikan kegiatan tahunan untuk melestarikan budaya keagamaan dan mengingat perjuangan para pendiri madrasah di Seberang," ucapnya kepada wartawan.

Kemas menjelaskan, para ulama terdahulu tersebut telah menjadi pelopor pendidikan agama dan syiar islam ke pelosok-pelosok. 

"Alumni ponpes saat ini sudah mencapai ratusan ribu orang tersebar dan berkiprah di bidang pekerjaan masing-masing," jelasnya. 

Terakhir, Kemas Al Farabi berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan, ia juga meminta makam-makam ulama di Sebrang harus diperhatikan oleh Pemrov Jambi.

"Anggaran untuk merawat makam dan dibaguskan harus ada, Pemrov Jambi harus kembali ke sejarah dan menjadikannya cagar budaya, harus dilestarikan dan di perhatikan betul karena benteng moral adalah pendidikan agama," tutupnya. 

Adapun, Perukunan Tsamaratul Insan didirikan oleh para ulama Jambi yang diresmikan oleh Residen Negeri Jambi No. 1336 pada tanggal 10 September 1915 M, bertepatan dengan tanggal 1 Zulqoidah tahun 1333 H. 

Pengesahan itu ditandatangani oleh salah satu anggota pengurusnya yaitu Haji Ibrahim Bin Haji Abdul Majid dari Kampung Tengah. 

Pengurus perukunan awalnya berjumlah enam orang yang mewakili beberapa kampung di seberang saat itu, yaikni,

1. Haji Abdus Somad bin Haji Ibrahim Hof (Penghulu Kotamadya Jambi),

2. Haji Ibrahim Bin Haji abdul Majid (kampung Tengah), 

3. Haji Ahmad Bin Haji Abdul Syukur (Kampung Tahtul Yaman), 

4. Haji Usman Bin Haji Ali (Kampung Tanjung Johor), 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: