Jambi Berumur 67 Tahun, Dewan Sebut Masih Banyak Pekerjaan yang Harus Dituntaskan

Jambi Berumur 67 Tahun, Dewan Sebut Masih Banyak Pekerjaan yang Harus Dituntaskan

Kemas Al Farabi --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Hari ini Provinsi Jambi genap berumur 67 tahun. Namun masih banyak pekerjaan yang harus dituntaskan oleh Pemprov Jambi. 

Menurut Kemas Al Farabi mengatakan,  persoalan yang harus diperhatikan oleh Pemprov seperti masalah infrastruktur. 

"Kita bergembira menyambut realisasi tol baleno (Betung-Tempino) yang rencana akhir tahun ini dioperasionalkan," ujarnya. 

Namun, kata Kemas, exit tol pada km 17 ke arah Jambi sebaiknya diperlebar ruas jalannya dan Simpang Pal 10 harus diantisipasi dari sekarang agar nanti tidak terjadi penumpukan kendaraan. 

"Pemerintah bisa membangun fly over dan diarahkan ke Kawasan Industri (KI)," ujarnya. 

Dalam pembangunan infrastuktur yang anggarannya besar harus dipertimbangkan dampaknya untuk seluruh kabupaten jangan hanya bermanfaat untuk satu atau dua kecamatan saja. 

Kemudian, permasalahan yang harus diselesaikan adalah penciptaan lapangan kerja.

"Selama ini kita hanya mengirim bahan mentah ke luar, harusnya diolah di Jambi, keluar sudah menjadi bahan baku atau bahan jadi, misal membangun pabrik kelapa sawit, pabrik karet untuk memproduksi ban, pabrik batubara dan lain-lqin, jadi bisa membuka puluhan ribu tenaga kerja," tegasnya. 

Terakhir, kata Kemas, anggaran pembangunan dari APBD yang bernilai fantastis harus memperhitungkan timbal balik dan multiflyer effect, misal, pembangunan pelabuhan nantinya akan menguntungkan secara ekonomi atau membangun transportasi publik nantinya akan mendapat keuntungan benefit, tidak membangun dgn anggaran besar tapi tidak ada keuntungan ekonomi dari pembangunan tersebut. 

"Dalam rangka HUT prov Jambi ke 67, saya berharap persoalan itu harus diperhatikan," pungkaanya. (fth)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: