Pj Bupati Tebo Puji Camat yang Berhasil Gandeng Pihak Swasta Perbaiki Jalan Desa

Pj Bupati Tebo Puji Camat yang Berhasil Gandeng Pihak Swasta Perbaiki Jalan Desa

Pj Bupati Aspan dan rombongan bersama Camat Tebo Ilir, M. Habibi . Foto : Munasdi/JE--

MUARA TEBO, JAMBIEKSPRES.CO,ID - Pj Bupati Tebo beserta rombongan Senin (20/2) kemarin melakukan peninjauan perbaikan jalan di Desa Betung Bedarah Timur dan Desa Betung Bedarah Barat Kecamatan Tebo Ilir. 

 

Dalam kegiatan tersebut, PJ Bupati juga mengajak beberapa camat dan pihak perusahaan lainnya untuk belajar dan menjadikan contoh atas keberhasilan kerjasama antara Pemerintah Kecamatan Tebo Ilir dan perusahaan setempat dalam melakukan perbaikan akses jalan.

 

Dihadapan Pj Bupati Aspan dan rombongan, Camat Tebo Ilir, M. Habibi mengatakan bahwa perbaikan dan pemeliharaan jalan yang Melawati Desa Betung Bedarah Barat dan Betung Bedarah Timur sepanjang 12 Km oleh perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Tebo Ilir ini merupakan hasil kerjasama dan kesepakatan serta koordinasi antara Forkopimcam Tebo Ilir dengan pihak perusahaan yang Melawati jalan poros terutama PT.SKU, PT Makin, dan PT.BSA.

 

"Berawal dari adanya riak di masyarakat baik pada saat becek di waktu hujan ataupun debu di waktu panas akibat tingginya mobilitas kendaraan berat perusahaan, maka kita melakukan koordinasi antara Pemerintah Kecamatan dan Forkopimcam dengan perusahaan-perusahaan untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan sepanjang 12 Km ini" ujar Habibi.

 

Setelah melakukan koordinasi akhirnya disepakati Antara Pihak Pemerintah Kecamatan Tebo Ilir, Forkopimcam Ilir, dan PT SKU untuk melakukan pemeliharaan akses jalan sepanjang 12 kilometer yang melewati Desa Betung Bedarah Timur dan Betung Bedarah Barat.

 

"Kita berharap dengan adanya perbaikan jalan oleh pihak perusahan, konflik yang terjadi antara masyarakat dengan perusahaan terkait masalah jalan yang biasanya terjadi menjelang lebaran nanti, bisa teratasi dengan adanya perbaikan jalan yang tengah dilakukan saat ini" terang Habibi.

 

Sementara itu, PJ Bupati Tebo, Aspan mengapresiasi pihak pihak Pemerintah Kecamatan Tebo Ilir, Dan Perusahaan atas pemeliharaan jalan sepanjang 12 Km yang berada di Kecamatan Tebo Ilir. Dirinya berharap semua perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Tebo bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh Camat Tebo Ilir dan pihak perusahaan. 

 

"Sebulan yang lalu jalan ini hampir tidak bisa dilewati, Alhamdulillah, setelah dilakukan perbaikan oleh perusahaan, saat ini jalan sepanjang 12 Km ini sudah bisa dilewati kembali," ujar Aspan.

 

Dirinya berharap semua perusahaan yang berada di Kabupaten Tebo baik itu perusahaan sawit maupun batu bara bisa memberikan manfaat bagi masyarakat terutama melakukan pemeliharaan jalan yang dilalui seperti yang dilakukan oleh PT SKU dan perusahaan lainnya di Kecamatan Tebo Ilir 

 

Aspan juga menyebutkan bahwa pemerintah tidak akan lepas tangan setelah diperbaiki pihak perusahaan dan melakukan pengerasan, pemerintah Kabupaten maupun Provinsi akan mengeluarkan pembiayaan peningkatan seperti pengaspalan atau rijik Beton.

 

“Kami berharap perusahaan yang ada di Kabupaten Tebo ini memberikan manfaat untuk masyarakat sekitarnya, bukan malah memberikan mudharat serta dampak buruk lainya setidaknya jalan ini bagus,” ucap Aspan.

 

Aspan menegaskan bagi perusahaan yang tidak memberikan manfaat untuk masyarakat akan dievaluasi “saya meminta Camat, Kades selalu memantau kalau perusahaan itu tidak mendatangkan manfaat itu kita stop,” Tutur Aspan.

 

Dijelaskan Aspan sesuai dari hasil rapat forkopimda di Provinsi beberapa waktu lalu baik itu angkutan batubara, CPO, maupun angkutan kelapa sawit, diberikan waktu sampai akhir bulan maret 2023 ini, "Jika tidak ada reaksi dari perusahaan akan ditindak tegas" tutur Aspan

 

Saat meninjau pemeliharaan jalan di Desa Betung Bedarah Barat dan Desa Betung Bedarah Timur Kecamatan Tebo Ilir yang dilakukan oleh PT. SKU, PJ Bupati Aspan juga mengajak Camat Rimbo Ilir dan Tengah Ilir serta perusahan-perusahaan lain untuk bisa belajar dan mencontoh apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Tebo Ilir dan pihak perusahaan. Perlu diketahui bahwa ada tiga perusahaan yang melewati jalur di Kecamatan Tebo Ilir yaitu PT.SKU, PT Makin, dan PT BSA.(bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: