Sudah 26 Jam Kecelakaan, Basarnas Datangkan Helikopter Tambahan dari Medan ke Jambi

Sudah 26 Jam Kecelakaan, Basarnas Datangkan Helikopter Tambahan dari Medan ke Jambi

Heli milik Basarnas tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi Senin siang . Foto : Rio/JE--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Satu unit Helikopter milik Basarnas jenis HR 3604 tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi pada pukul 12.30 WIB Senin (20/2).

 

Kedatangan helikopter ini setelah hampir 26 jam sejak kejadian kecelakaan heli milik Polda Jambi yang membawa Kapolda dan rombongan pada Minggu (19/2) pukul 11.05 WIB.

 

Kehadiran heli milik Basarnas ini diharapkan bisa mengevakuasi awak dan penumpang di lokasi hutan lebat di lokasi kejadian.

 

Proses evakuasi jalur darat memang telah berhasil menemukan titik kejadian. Tim evakuasi jalur darat yang dipimpin langsung Kapolres Kerinci itu sampai di lokasi setelah hampir 20 jam berjalan kaki dari Minggu siang hingga Senin subuh.

 

Namun kata Kombes Pol M El Yandiko, Direktur Rumah Sakit Bhayangkara, evakuasi harus tetap membutuhkan jalur udara. Ia mendapatkan informasi evakuasi jalur darat akan sangat sulit karena kondisi medan yang rumit, dipenuhi hutan bersemak dan lereng perbukitan. 

 

Pukul 06:05 Senin Pagi, heli milik Polda Sumsel sempat menemukan koordinat lokasi kejadian dan menurunkan paket bantuan berupa makanan, minuman dan selimut. 

 

Kemudian, heli kedua mencoba datang kembali membawa serta personil namun terpaksa putar balik ke bandara Sultan Thaha Jambi karena cuaca di lokasi cukup buruk, kabut dan jarak pandang terlalu pendek sehingga upaya evakuasi gagal. 

Kehadiran helikopter HR 3604 milik Basarnas ini, diharapkan bisa membantu proses evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan di kawasan kecelakaan. 

 

Terlebih helikopter ini dilengkapi hoist, yaitu alat untuk mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal atau tegak lurus dari ketinggian tertentu yang diharapkan bisa membantu lebih cepat dan mudah proses evakuasi. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: