Ini Sosok yang Merekam Video di Lokasi Kecelakaan Heli yang Ditumpangi Kapolda Jambi Beserta Biodata Rombongan

Ini Sosok yang Merekam Video di Lokasi Kecelakaan Heli yang Ditumpangi Kapolda Jambi Beserta Biodata Rombongan

Tangkapan layar video di loksi kejadian heli kecelakaan yang membawa rombongan Kapolda Jambi. --

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Video kecelakaan helikopter yang ditumpangi rombongan Kapolda Jambi beredar luas di masyarakat. 

 

Video itu disebut-sebut memang benar kiriman dari salah satu korban. Meski berada di hutan, video besar kemungkinan berhasil dikirim melalui jaringan satelit.

 

Adapun sosok yang diduga merekam situasi itu adalah Dir Reskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira SIK, MH, salah satu penumpang yang ikut dalam rombongan Kapolda Jambi.

 

Video menyiratkan pesan tentang situasi di lokasi kejadian, Kombes Andri terlihat merekam sosok-sosok yang berada di dekatnya dan semua yang terlihat di video dalam kondisi selamat.

 

Ada dua sosok yang terlihat berseragam khusus Polisi Air dan Polisi Udara warna biru, kemudian terlihat satu sosok yang menggunakan seragam baju dan celana drill PDL coklat sedang mengibaskan topinya

 

Sementara Kombes Andri mengenakan seragam baju berwarna gelap dan celana cream coklat. 

 

“Ya Allah Astagfirullahaladzim,” ujarnya sambil menggunakan kamera depan. Berkali-kali  Kombes Andri istigfar sambil memperlihatkan rombongan yang berdekatan dengannya. 

 

Terdengar jelas pula suara nyamuk dan serangga di sekitar rombongan berada. Tampak sekilas serpihan heli dan juga bagian kursi heli berwarna biru yang telah terpisah dari badan pesawat dan digunakan para korban untuk membaringkan kepala.

 

Wajah Kombes Andri juga terlihat masih berdarah, pun sosok yang ada di sampingnya, terlihat agak lemas dengan muka berlumuran noda merah.

 

Kombes Andri merupakan alumni Akpol angkatan 2000, Hal ini ia katakan saat perkenalan waktu awal bertugas di Polda Jambi pada 6 Juli 2022 lalu. 

 

Sebelum bertugas di Mapolda Jambi ia bertugas di Polda Riau sebagai Wadir Reskrimsus dan memiliki dua orang putri.

 

Selanjutnya, dalam perjalanan dinasnya Kombes Pol Andri Ananta Yudistira pertama kali bertugas di Pama Polda Riau, selanjutnya Pamen di Polda Metro Jaya dan setelah lulus sespim ia melanjutkan dinas di Mabes Polri kemudian menjadi Kapolres Dumai Polda Riau.

 

Biodata Penumpang Heli

 

Helikopter yang digunakan merupakan milik Polri jenis bell 412 membawa tiga awak dan lima penumpang.

 

Data Awak Pesawat : 

1. Pilot AKP Ali Nurdin S.Harahap 

2. Copilot AKP Amos Freddy P.Sitompul 

3. Mekanik an. AIPDA Susilo,S.H. 

 

Data Penumpang : 

1. Kapolda Jambi Irjen. Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si. 

2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol. Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H.;

3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, S.I.K.;

4. Koorspripim Kompol Ayani, S.I.K., M.H.;

5. ADC Briptu Muhardi Aditya.



Kapolda Jambi dan rombongan pada Minggu 19 Februari 2023 pukul 09.25 WIB terbang menggunakan heli dalam rangka kunjungan kerja di Polres Kerinci.

 

Pukul 11.02 WIB, Posko Polda Jambi mendapat laporan bahwa heli tersebut jatuh di titik koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63” di Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci. 

 

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto saat dikonfirmasi mengatakan semua penumpang selamat hanya mengalami cedera. 

 

Sementara itu, bantuan evakuasi telah datang dari PT WKS berupa satu unit helikopter. Heli milik PT WKS ini diberangkatkan ke lokasi tempat kejadian membawa tim evakuasi.

 

Sebelumnya, satu helikopter bantuan dari Polda Sumsel serta tim gabungan dari Brimob dan SAR juga telah diberangkatkan ke lokasi kejadian.

 

Dikatakan Kabid Humas helikopter ini membawa logistik atau pembekalan yang nantinya akan mendarat di dekat titik lokasi.

 

"Apa bila nanti bisa mencapai di dekat titik lokas akan kita turunkan di dekat lokasi," lanjut Mulia. 

 

Hanya saja, hingga berita ini diturunkan sekitar pukul 21:00, semua heli bantuan telah stop beroperasi karena cuaca dan kondisi malam yang gelap, sementara petugas evakuasi dari jalur darat masih terus melanjutkan perjalanan mendekati titik loksi kejadian. (dpc/raf)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: