Resmi Dimulai, Timsel Sampaikan Tahapan Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Jambi

Resmi Dimulai, Timsel Sampaikan Tahapan Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Jambi

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Tim Seleksi (Timsel) memulai tahapan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi. Ada lima orang yang hadir, Ketua Timsel M Nazori Madjid, Sekretaris Timsel Pahmi Sy dan tiga anggota lainnya, Dompak Napitupulu, Abu Bakar dan Sriani.

M Nazori menyebutkan, ada beberapa tahapan yang akan dilaksanakan oleh timsel dalam seleksi calon anggota KPU Provinsi Jambi.

"Mulai dari tahap pengumuman besok pagi sudah bisa diakses, penerimaan, penelitian administrasi peserta. Kemudian pengumuman hasil administrasi," sebutnya.

"Selanjutnya seleksi tertulis. tahapan ini beda dengan sebelumnya, seleksi ini tidak menggugurkan. CAT akan digabungkan dengan tes psikologi. Disini akan ada yang gugur," tambahnya.

Terkahir, tahapan tes kesehatan yang nilainya akan digabungkan dengan nilai wawancara.

"Selanjutnya penetapan hasil tes. Lalu pengumuman hasil dan laporan masyarakat. Laporan masyarakat harus jelas. Pelapornya jelas alamatnya jelas, identitasnya jelas. Kami tidak menerima lagi surat kaleng," tegasnya.

Sekretaris timsel, Pahmi Sy menambahkan, dalam tahap pendaftaran, pihaknya akan menerima berkas calon sebanyak-banyaknya.

"Dari jumlah pendaftar ini, kita akan seleksi menjadi 10 kali lipat dari jumlah komisioner, artinya 50 orang. Mekanismenya ada penilaian soal syarat kelengkapan administrasi. Misal KTP luar Jambi dan keterlibatan parpol itu langsung tereliminasi," katanya. 

"Tahap penilaian administrasi nanti ada bobotnya. Doktor misalnya nilainya 90, S2 nilainya 80, S1 70 dan seterusnya. Lalu pengalaman kepemiluan, tingkat provinsi 80 dan Kabupaten 70, atau PPK 60. Penilaian pelatihan kepemiluan, tapi bukan seminar 1 hari. Lalu penilaian karya ilmiah, berupa buku dan jurnal nilainya 70. Seleksi ini untuk menjadikan 50 orang," bebernya. 

Selanjutnya, dari 50 orang peserta yang tersisa akan dilakukan tes CAT dan Psikologi. "Di tahapan ini akan diseleksi menjadi 20 orang. Dari 20 itu seleksi berikutnya wawancara dan kesehatan, akan menyeleksi dari 20 menjadi 10. Yang 10 ini akan dibawa ke Jakarta untuk dilakukan fit and propertest oleh KPU RI dan KPU RI menetapkan 5 komisioner," pungkasnya. (aiz)

Berikut Tahapan Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Jambi

1. Pelaksanaan seleksi 10 februari - 27 april

A. Pengumuman pendaftaran 10-16 februari 

B. Pendaftaran 10 - 21 februari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: