Merek Dagang CNG Bernama GasKu, Ini Plus dan Minus CNG Pengganti BBM Pertalite

Merek Dagang CNG Bernama GasKu, Ini Plus dan Minus CNG Pengganti BBM Pertalite

Tabung CNG dipasang di bagian belakang mobil sebagai BBM pengganti tahun 2023.-foto:doksumeksco---

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Sepertinya pergantian dari Pertalite ke bahan bakar CNG tidak lama lagi.

Sebelum benar-benar bisa diperjual belikan ke tengah masyarakat, kita harus tahu kelebihan dan kekurangan atau plus-minus CNG.

Diartikel ini akan dijelaskan tetang kelebihan dan kekuarangan CNG.

Sebagaimana diketahui, CNG atau Compressed Natural Gas digadang-gadang bisa mengggantikan BBM sejuta umat Pertalie.

Hadir dengan harga lebih murah yakni Rp 3 ribu per liter, namun kualitasnya setaraf dengan Pertamax Turbo.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kelebihan CNG:

· CNG memiliki kandungan yang lebih bersih daripada bensin dan diesel yang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca 15-27 persen gas kendaraan

· Harga lebih murah karena biaya produksi hemat 55 persen. Dikarenakan CNG berasal dari gas yang tidak memerlukan proses penyulingan.

Berikutnya Kelemahan dari CNG:

· Meski harga jualnya tergolong murah, namun CNG memerlukan penampungan tangki yang lebih besar dari bensin dan diesel. Gas alam yang sudah terkompresi 3,5 kali lebih padat dari bensin.

· Kebersihan tidak bisa dipastikan, sebab CNG berpotensi lebih cepat menghasilkan gas kaca daripada kendaraan diesel atau bensin.

Kejadian ini bisa dilihat melalui penelitian truk sampah dengan bahan bakar CNG yang ternyata banyak memproduksi gas kaca. Hal ini mempertimbangkan bobot kendaraan dan lama waktu penggunaan mesin dalam keadaan nyala.

· Terakhir, harga CNG tidak selamanya stabil karena dipengaruhi fluktuasi liar. Contohnya, tahun 2014 dan 2022 negara India banyak memakai CNG karena harganya yang murah. Otomatis permintaan meningkat, kemudian harga melambung naik

Ditengah harga BBM konvensial yang meroket, Pemerintah menemukan solusi terbaru. Ialah yakni ganti BBM ke CNG atau Bahan Bakar Gas (BBG) yang tengah jadi perbincangan hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: