>

Peningkatan Pembinaan UKS di SMAN 5 Kota Jambi

Peningkatan Pembinaan UKS di SMAN 5 Kota Jambi

Peningkatan Pembinaan UKS di SMAN 5 Kota Jambi --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman,SH.MH membuka kegiatan pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) dalam mewujudkan sekolah sehat di SMAN 5 Kota Jambi pada Selasa (20/12). Ini juga merupakan bentuk promosi kesehatan yang gencar dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Sekda yang juga selaku Ketua Pembina (UKS/M) Provinsi Jambi menyatakan UKS/M bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan pekembangan yang harmonis peserta didik.

Ruang lingkup UKS/M yang tercermin dalam Tiga Program Pokok Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (disebut Trias UKS). Meliputi  Pendidikan Kesehatan, yaitu meningkatkan pengetahuan, perilaku, sikap, dan keterampilan hidup bersih. Pembudayaan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian kedua, pelayanan kesehatan, yaitu immunisasi, screening kesehatan, pemeriksaan dan perawatan gigi serta mulut, PHBS, tes kebugaran jasmani, pemberantasan sarang nyamuk (PSN), pemberian tablet tambah darah, kecacingan, Tanaman Obat Keluarga, kantin sehat, keamanan makanan jajanan anak sekolah dan gizi, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan pertolongan pertama pada penyakit (P3P), pemulihan pasca sakit, dan rujukan ke Puskesmas/Rumah Sakit.              

Serta ketiga  pembinaan lingkungan sekolah sehat, yaitu pelaksanaan 7K (Kebersihan, Keindahan, Kenyamanan, Ketertiban, Keamanan, Kerindangan, dan Kekeluargaan). Pemeliharaan lingkungan sehat yaitu bebas dari narkoba, psikotropika, asap rokok, pornografi, kekerasan dan perundungan (bullying) pada anak, pernikahan dini dan sebagainya.

“Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), terlihat dan tercermin pada perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatnya derajat kesehatan peserta didik khususnya dan masyarakat sekolah pada umumnya. Hal ini merupakan dampak yang diharapkan dari terlaksananya pembinaan dan pengembangan program UKS/M di semua satuan pendidikan, mulai dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Sekda, dengan terbentuknya TP-UKS secara berjenjang tersebut, yang paling perperan dan berhubungan langsung adalah Tim Pelaksana UKS yaitu pihak sekolah untuk terus memantau perilaku hidup bersih dan  sehat di lingkungan sekolah dengan dukungan pembinaan TP-UKS secara berjenjang, sesuai tupoksinya masing-masing.

“Saya selaku Pembina TP-UKS Provinsi Jambi menitipkan harapan agar seluruh Tim UKS secara berjenjang dapat melakukan pembinaan dengan sebaik-baiknya dengan rasa pengabdian yang tinggi, sehingga Sekolah/Madrasah, terutama SMA Negeri 5 Kota Jambi dapat menerapkan dan membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Bebas Narkoba, psikotropika, asap rokok, pornografi, kekerasan dan perundungan (bullying) pada anak dan pernikahan dini, sehingga terbentuk generasi sehat,” jelas Sekda.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 5 Muhammad Salim berharap agar kegiatan inin menjadi motivasi bagi pihaknya untuk bisa mengembangkan sekolahnya menjadi lembaga pendidikan yang nyaman, aman, bullying dan lainnya. “Dengan dukungan ini kami sampaikan terimakasih kepada seluruh pihak terutama pak Sekda sebagai Pembina UKS di Provinsi. Mudah-mudahan arahan beliau menjadi acuan bagi SMAN 5 dalam mengembankan program UKS. Sehingga siswa menjadi nyaman dalam mengenyam pendidikan di sekolah dan membantu mempercepat diraihnya cita-cita siswa,” sampai Kepsek. 

Dalam kegiatan pembinaan ini diberikan materi dari beberapa narasumber seperti Kepala UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Provinsi Jambi terkait kenakalan usia remaja. Kemudian juga materi Dampak Nafza dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Serta dalam acara ini juga turut hadir insan kesehatan lainnya. (aba/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: