Rektor UNJA Paparkan Progres MBKM dan Integrasi PTN-BH saat Dikunjungi Dirjen DIKTI

Rektor UNJA Paparkan Progres MBKM dan Integrasi PTN-BH saat Dikunjungi Dirjen DIKTI

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Rektor Universitas Jambi (UNJA), Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. memaparkan berbagai capaian progres MBKM yang telah diimplementasikan di UNJA kepada Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Dikti RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng. dalam kunjungan kerjanya pada Kamis (8/12/2022) di Ruang Rapat Senat UNJA Mendalo.

Rektor memaparkan beberapa hal seperti Desa Laboratorium Terpadu (DLT), integrasi menuju PTN-BH yang dimana sudah tervalidasi melebihi skor minimum, serta pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) inbound dan outbound. Memperkuat UNJA menuju world class entrepreneurship university, ada upaya penting dalam mempersiapkan kelas internasional dan publikasi jurnal.

“Outline yang sudah UNJA jalankan antara lain Implementasi Platform UNJA SMART, Reframe & Transform UNJA dalam platform UNJA SMART menuju PTN-BH dan WCEU, Focus Group Discussion Universitas Jambi and Nalanda University, Research Collaboration on Smart-Technology for Food Security based on Local Resources, Merangin Jambi Aspiring UNESCO Global Geopark (MJaUGGp), Rencana Aksi Integritas Ekosistem Pendidikan Tinggi di Universitas Jambi, Tindak Lanjut Permendikbudristek No. 30 Tahun 2021 (Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi, serta Pemberdayaan Suku Anak Dalam (SAD) di Taman Nasional Bukit Dua Belas yang Terintegrasi dan Berkelanjutan,” jelas Rektor.

Dirjen Dikti, Prof. Nizam sendiri memiliki beberapa agenda di Jambi selama 2 hari khususnya berkaitan dengan program-program yang berkaitan dengan UNJA. Sebelum memberikan kuliah umum di UNJA, Dirjen Dikti bersama Wakil Rektor I, II, dan IV UNJA melaksanakan kunjungan ke lokasi Climate Tower Retret Kerja Sama Penelitian CRC 990/EFForTS yang berada di tengah hutan sawit di daerah Ness Muaro Jambi.

Para rombongan melaksanakan salah satu rangkaian kegiatan evaluasi capaian kinerja kerja sama penelitian CRC 990/EFForTS Project untuk memantau kondisi Climate Tower yang ada di sana. Dimana tahun 2022 merupakan tahun ke 10 dari rencana 12 tahun kegiatan penelitian CRC 990 di Jambi. Kerja sama CRC  990/EFForTS Project merupakan kerja sama penelitian jangka panjang antara UNJA, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Tadulako, dan University of Goettingen Jerman.

 

Selepas memantau Climate Tower di lokasi Retret CRC 990, Dirjen Dikti tiba di UNJA Mendalo untuk memberikan kuliah umum bertemakan Manajemen MBKM Implikasi dan Berkelanjutan. Prof Nizam menyampaikan bahwa potensi Jambi yang beragam bisa menjadi dasar UNJA mengembangkan program MBKM secara mandiri. “Saya sangat berharap UNJA bisa mengembangkan program-program MBKM secara mandiri, karena potensi Jambi yang sangat luar biasa sekali, pertanian, pertambangan, peternakan, konservasi, dan juga green economy. Ini adalah ruang yang sangat luas untuk mahasiswa mengembangkan masa depannya,” ujarnya.

 

Tujuan kebijakan MBKM, dalam program “hak belajar tiga semester di luar program studi” adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul.

 

Keesokan harinya (9/12/2022), Prof. Nizam didampingi Rektor UNJA melaksanakan kunjungan ke Kompleks Percandian Muaro jambi dalam rangka monitoring pengambilan aset dalam bentuk foto dan video udara dan pemindaian objek bawah tanah untuk pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi Metaverse. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Dikti Ristek, Universitas Jambi, LLDIKTI Wilayah X, Universitas Gadjah Mada, Universitas Gunadarma, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Terbuka, Universitas Indonesia, dan Asosiasi Pilot Drone Indonesia. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: