UNJA Laksanakan Workshop Desain Bahan Ajar berbasis CBL dan PjBL

UNJA Laksanakan Workshop Desain Bahan Ajar berbasis CBL dan PjBL

UNJA Laksanakan Workshop Desain Bahan Ajar berbasis CBL dan PjBL--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) menggelar workshop pengembangan desain bahan ajar dengan isu lingkungan dan pembagunan berkelanjutan sebagai model implementasi Case-Method Learning (CBL) dan Project Based Learning (PjBL). Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar., M.Si., serta Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Dr. Ir. Hj. Sunarti, S.P., M, P., IPU. Kegiatan ini dilaksanakan di Lt.11 Mahligai 9 Jambi, Senin (21/11/2022).

 

Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan selama dua hari, dimana pada hari kedua akan dilangsungkan di Ruang Aula Rektorat UNJA Mendalo. Beberapa narasumber yang hadir diantaranya Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar., M.Si., Drs. Muhammad Haris Efendi Hasibuan, M.Si., Ph.D., Dr. Dra. Zurweni, M.Si., dan Dr. Evan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I. Dihadiri oleh 70 peserta yang merupakan Ketua Jurusan, Ketua Prodi, dan dosen yang ada di lingkup UNJA.

 

Case-Method Learning (CBL) merupakan metode pembelajaran partisipatif berbasis diskusi untuk memecahkan kasus atau masalah. Penerapan metode ini akan membantu mahasiswa mengasah dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas.

 

Sedangkan Project Based Learning (PjBL) merupakan metode yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata berbasis proyek yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran serta ini juga bertujuan untuk mendukung Indeks Kinerja Utama (IKU 7) mengenai kelas yang kolaboratif dan partisipatif serta evaluasi berbasis proyek kelompok atau studi kasus.

 

Dalam kesempatan ini, Rektor UNJA memberikan sambutan terkait penguatan pengelolaan desain bahan ajar dalam institusi sekaligus membuka acara workshop secara resmi. “Untuk menopang dan memperkuat kapasitas institusi dalam hal ini dikelola oleh LP3M yang kaitannya dengan pempelajaran dan penjaminan mutu. Serta, terkait dengan pembelajaran nantinya, UNJA wajib memiliki instrumen pengukuran standar untuk pendidikan. Sebelum memiliki instrumen maka LP3M nanti akan mengusung 1 peraturan pedoman pendidikan yang diselenggarakan UNJA secara terintegrasi. Untuk itu, diharapkan bapak dan ibu dapat mememberikan saran dan masukan terhadap apa yang dibuat oleh tim dari LP3M,” ujar Rektor.

 

Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar., M.Si., yang juga sebagai Ketua Pelaksana menyampaikan laporan terkait kegiatan workshop tersebut, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini guna melihat pengimplementasian CBL dan PjBL. “Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta, merupakan rentetan dari hasil penelitian tim yang ditugaskan oleh Rektor khusus untuk meneliti, melihat bagaimana kegiatan implementasi CBL dan PjBL dilaksanakan di UNJA. Jadi berbasis riset, apa kendalanya dan bagaimana kenyataan di lapangan. Kami sudah mengembangkan berbagai produk, terakhir dalam bentuk video,” tutur Prof. Rayandra. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: