Tim PKM STIE Alam Kerinci Dorong Optimalisasi Produktivitas Usaha Tahu Sumedang Husin Pelayang Raya

Tim PKM STIE Alam Kerinci Dorong Optimalisasi Produktivitas Usaha Tahu Sumedang Husin Pelayang Raya

Pelatihan Akuntansi Dasar--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Kedelai merupakan salah satu produk pertanian yang banyak manfaatnya, antara lain sebagai bahan pangan manusia, pakan ternak, pupuk organik, maupun sebagai bahan baku industri.


Pelatihan Manajemen Keuangan dan Akuntansi (Pengeloalaan Keuangan)--

Di Indonesia, kedelai menjadi salah satu sumber protein nabati utama, meskipun kedelai didapat masih dengan cara mengimpor guna memenuhi kebutuhan dalam negeri yang sangat tinggi. Berbagai macam produk olahan kedelai bersumber dari biji kedelai. Biji ini kemudian diolah menjadi beberapa produk makanan seperti tahu, tempe, tauco, kecap, minyak goreng dan susu kedelai. Tahu merupakan salah satu produk olahan kedelai yang mempunyai segmen pasar yang cukup luas.Hal ini terbukti dengan adanya berbagai macam tahu yang di jual dipasaran seperti tahu sumedang, tahu isi, dan pergedel tahu. Tahu ini selain mengandung protein tinggi, harganya juga relatif murah dibandingkan dengan sumber protein yang lain seperti daging atau ikan. Tahu merupakan makanan yang berasal dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasi.Asal tahu yaitu dari negara Cina.Nama “tahu” berasal dari kata “tauhu” yang merupakan bahasa Hokkian, yang artinya “kedelai terfermentasi”. Di Jepang, tahu dikenal dengan nama tofu.


Pelatihan Manajrial UMKM (Manajemen Pemasaran UMKM) --

Bagi orang Indonesia nama tahu tentulah tidak asing lagi untuk didengar, karena tahu sudah termasuk makanan pokok (pengganti ikan). Tahu adalah salah satu makanan yang paling favorit bagi orang Indonesia.Merupakan makanan yang selalu hadir disetiap harinya baik itu merupakan lauk pendamping nasi maupun sebagai camilan, baik itu tanpa olahan maupun dengan dimodifikasi menjadi bentuk panganan lainnya yang berbasis tahu. Disadari ataupun tidak sebagai hasil olahan kacang kedelai  tahu merupakan makanan andalan untuk perbaikan gizi karena tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85%- 98%). Tahu Sumedang adalah makanan yang sangat digemari bagi masyarakat Indonesia, Masakan tahu banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan berbagai keperluan, yang pada gilirannya berujung pada selera yang baik bagi masyarakat Indonesia. Khasiat yang diperoleh begitu banyak dari bahan dasar kedelai ini, sehingga tahu telah membawa masyarakat lebih sehat.


Alat Penggiling Sebelum dilaksanakan PKMS--

Mitra dalam PKMS adalah Pak Husin pemilik usaha “Tahu Sumedang Husin” yang mendirikan usaha Tahu Sumedang tersebut sejak tahun 2012. usaha “Tahu Sumedang Husin” beralamat di Dusun Kota Pandan, Desa Pelayang raya Kecamatan Sungai Bungkal Kota Sungai Penuh, sekitar ± 10 menit dari kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sakti Alam Kerinci. Pak Husin memperkerjakan 11 orang pekerja yaitu : Mang Ama, Mang Ema, Mang Dodo, Iman, Danan, Ujuh, Wak Bandi, Mang Arif, Wak Mamat, Wak Cecek, Wawan. Lokasi usaha Pak Husin cukup strategis karena berada di Kecamatan Sungai bungkal di Kota Sungai Penuh sehingga dekat dari Pasar Induk yang berjarak 1 km.


Alat Pengiling kacang kedelai dalam proses produksi tahu yang dirakit oleh mitra secara tradisional--

Kendala yang dimiliki oleh usaha “Tahu Sumedang Husin” mengenai pengelolaan keuangan.Pengetahuan laporan keuangan masih sebatas mengenali laporan keuangan secara dasar.Mendasarnya pengetahuan laporan keuangan mitra dikarenakan oleh beberapa alasan salah satunya adalah pendidikan mengenai laporan keuangan yang sebagian besar belum diperoleh baik dari pendidikan formal maupun informal.


Alat Penggiling Setelah dilaksanakan PKMS--

Mitra beranggapan bahwa pengetahuan laporan keuangan yang dimiliki dirasa cukup memadai untuk membantu proses keberlangsunangan usaha meskipun hanya sebatas membayar tagihan, gaji pegawainya, belum mapu membuat laporan keuangan sebagai ukuran kinerja usahanya. Rendahnya kualitas laporan keuangan bisa dikarenakan Usaha  Tahu Sumedang Husin merupakan perusahaan keluarga yang cenderung belum memisahkan administrasi keuangan keluarga dengan keuangan perusahaan, hal ini menyebabkan kesulitan untuk mengetahui seberapa jauh dan seberapa besar kemampuan Usaha Tahu Sumedang Husin dalam segi laba dan omset yang dimiliki.


Perakitan Alat Pengiling kacang kedelai untuk produksi tahu Perakitan Alat Pengiling kacang kedelai untuk produksi tahu--

Sehingga Laporan Keuangan yang telah sesuai dengan Standar Akuntansi sangat diperlukan untuk keberhasilan sebuah usaha.Laporan keuangan merupakan alat penguji dari pekerjaan bagian pembukuan yang digunakan untuk menentukan atau menilai posisi keuangan perusahaan.Praktik akuntansi merupakan solusi dari masalah yang sering terjadi pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), yaitu masalah manajemen keuangan.Akuntansi digunakan sebagai standar untuk memudahkan UMKM dalam membuat laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan dipahami pihak eksternal dan internal.Praktik akuntansi seharusnya sudah banyak diketahui atau bahkan dipraktikkan oleh UMKM.Pentingnya membuat pembukuan sederhana Bagi Bisnis dan Usaha kecil. Sebaiknya setiap pengusaha memahami cara pentingnya membuat atau memiliki pembukuan sederhana bagi yang menjalankan usaha maupun bisnis kecil. Hal ini dengan alasan bahwa setiap usaha yang dikerjakan selalu dibutuhkan analisa antara keuntungan yang diperoleh dengan pengeluaran agar usaha yang dijalankan tetap berjalan,sehingga untuk mempermudah dalam melihat arus keuangan tersebut dibutuhkan pembukuan.


Tim PKM skim Program Kemitraan masyarakat Stimulus (PKMS)--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: