Pemilu 2024, Kursi DPRD Muaro Jambi Bertambah 5

Pemilu 2024, Kursi DPRD Muaro Jambi Bertambah 5

Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi Elfi Prasetya --

SENGETI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi pada perhelatan politik Pemilu 2024 mendatang, bertambah lima kursi.

Sebelumnya DPRD Kabupaten Muaro Jambi diisi oleh 35 orang, nanti menjadi 40 orang. Saat ini, KPU Kabupaten Muaro Jambi akan melakukan pembahasan terkait penambahan kursi tersebut dengan berbagai pihak.

Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi Elfi Prasetya menyebutkan, meski sudah ditetapkan ada penambahan 5 kursi namun hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan apakah 5 kursi tersebut berasal dari semua Dapil atau hanya beberapa Dapil saja.

Tak hanya dari tim KPU saja, namun hal tersebut juga akan dibahas bersama tokoh masyarakat pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya.

"Prosesnya belum berjalan karena proses penataan Dapil akan kita bahas khusus," katanya.

Dijelaskannya, dari lima Dapil yang ada di Kabupaten Muaro Jambi, bisa saja nantinya mendapatkan masing-masing satu kursi. Namun demikian bisa saja satu Dapil 2 orang.

"Semua Dapil bisa berkemungkinan. Bisa juga ada satu Dapil dua kursi," bebernya.

Dia menyebutkan, penambahan 5 kursi tersebut setelah sesuai dengan per KPU nomor 6 tentang penataan daerah pemilihan, dimana jumlah penduduk di Kabupaten Muaro Jambi bertambah dari yang sebelumnya dibawah 400 ribu jiwa, kini diatas 400 ribu jiwa.

Dalam ketentuan rangenya, kata Dia, 400 sampai 500 ribu jiwa, jumlah kursinya ada 40 kursi. Nah sekarang kursinya masih 35, sementara jumlah penduduk Muaro Jambi sudah 422.000 jiwa.

"Jadi persyaratan untuk 40 anggota sudah memenuhi," tukasnya  (wan) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: