Dukung BioCF, PT SAL Teken MoU dengan Kelompok Tani Maju Jaya Guna Bantu Ketahanan Pangan Orang Rimba

Dukung BioCF, PT SAL Teken MoU dengan Kelompok Tani Maju Jaya Guna Bantu Ketahanan Pangan Orang Rimba

Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT Sari Aditya Loka (PT SAL) menandatangani MoU dengan Kelompok Tani Maju Jaya, Desa Pematang Kabau dan Bukit Suban.--

Tentang Bio CF di Jambi

Provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang mendapat program Bio CF dari Bank Dunia untuk menurunkan emisi sebesar dua persen dalam pelestarian hutan. The Bio Carbon Fund Plus-Initiative for Sustainable Forest Landscape (BioCF-ISFL) adalah program untuk mempromosikan dan memberikan imbal jasa terhadap penurunan emisi GRK dan meningkatkan sekuestrasi melalui pengelolaan lahan yang lebih baik di Provinsi Jambi. 

Program ini juga mendukung upaya pengelolaan pertanian dan penggunaan lahan lainnya untuk meminimalisir kehilangan hutan, mengidentifikasi dan mempromosikan climate-smart agriculture and low-carbon land-use practices di wilayah Provinsi Jambi.

Bentuk imbal jasa yang diberikan melalui program Bio CF yaitu dengan memberikan bantuan berupa Alsintan (Alat dan Mesin Pertanian) kepada masyarakat agar dapat membantu pengelolaan pertaniannya , kemudian mendorong petani juga untuk menggunakan pupuk kompos.

Wilayah Desa Pematang Kabau dan Bukit Suban merupakan wilayah desa yang berada disekitar hutan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) yang terletak di Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. Kedua desa ini merupakan dua desa penyangga TNBD. Agar masyarakat di sekitar tidak melakukan eksploitasi terhadap hutan, peningkatan terhadap perekonomian masyarakat perlu dilakukan; salah satunya dengan pemanfaatan dan pengelolaan lahannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: