UNJA Launching Unit Pengelola UI GreenMetric - Smart Lestari

UNJA Launching Unit Pengelola UI GreenMetric - Smart Lestari

UNJA Launching Unit Pengelola UI GreenMetric - Smart Lestari--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pada tahun 2022 Universitas Jambi resmi bergabung kedalam program UI Green Metric World Green University Ranking. Sebuah Pemeringkatan Kampus Hijau Dunia yang digagas oleh Universitas Indonesia sejak tahun 2010. Pemeringkatan itu dimaksudkan untuk mengetahui usaha berkelanjutan kampus-kampus di dunia dalam bidang pendidikan dan penghijauan kampus untuk tujuan-tujuan berkelanjutan (sustainable).

 

Dalam rangka mensukseskan partisipasi perguruan tinggi dalam Pengelolaan Kampus Hijau Berkelanjutan tahun 2022, Universitas Jambi (UNJA) melangsungkan kegiatan Launching Unit Pengelola UI GreenMetric yang kemudian disebut dengan Smart Lestari UNJA di Tasik Tun Telanai UNJA Mendalo, Rabu (9/11/2022). Launching ini ditandai dengan dilakukannya penanaman pohon secara bersama-sama oleh Rektor, Wakil Rektor, dan Civitas akademika UNJA.

 

Kegiatan dihadiri Wakil Rektor dilingkungan UNJA, Dekan dan Wakil Dekan, Ketua SPI, Kepala Lembaga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Kepala Dinas DLH Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi, Kepala Dinas PU Provinsi/Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi, BPDASHL Batanghari serta undangan lainnya. 

 

Rektor UNJA Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc, Ph.D mengatakan, ada proses yang panjang dalam manuju green campus ini. UNJA sebenarnya mengurusi lingkungan ini sudah sejak lama, ditandai bahwa di UNJA sudah banyak ditanami pohon-pohon langka, sehingga bentuknya asri dan tertata menjadi lestari.“Beberapa program harus diprioritaskan, pertama berkaitan dengan merubah prilaku kita semua, baik itu  dosen, mahasiswa, tenaga pendidik untuk betul-betul berkomitmen berprilaku terhadap ramah lingkungan yang artinya jangan membuang sampah sembarang dan lainnya sebagainya,” ujar Rektor.

 

Selain itu Rektor juga menyebutkan ini akan diprogramkan dalam bentuk perubahan mindset untuk berprilaku yang baik terhadap lingkungan, kemudian UNJA akan menata dan  mengembang lingkungan kampus UNJA dengan indikator yang jelas sehingga program yang berkaitan dengan pendidikan tersebut dapat dicapai. 

 

Selain itu, Ketua Panitia Pelaksana Hariestya Viareco, B.Eng.,M.Eng menambahkan, tujuan kegiatan hari ini adalah pengenalan Green Campus kepada warga Universitas Jambi melalui UI Green metric, sebagai langkah awal komitmen seluruh civitas akademika Universitas Jambi untuk menjaga lingkungan kampus bersama. “Pada kegiatan ini dipaparkan sekilas mengenai Unit pengelola UI Green Metric kemudian peresminan Unit pengelola UI Green Metric secara simbolis dengan penanaman pohon, dan Kegiatan bersih-bersih bersama sebagai langkah awal komitmen kita bersama dalam mendukung perubahan lingkungan kampus kearah kampus hijau dan kampus sehat,” imbunya

 

Ketua Tim Unit Pengelola Green Metric, Fredy Ilfan, ST.MT mengatakan kegiatan ini untuk  mununjukkan bahwa kita ikut mendukung dan berkontribusi dalam wacana berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan penghijauan kampus, kemudian Pemeringkatan ini juga akan mempromosikan UNJA sebagai agen perubahan sosial berkaitan dengan tujuan-tujuan berkelanjutan. "Dengan mengikuti pemeringkatan ini, kampus kita memiliki penilaian atas diri tentang keberlanjutan kampus untuk institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia dan menjadi media informasi kepada pemerintah, badan lingkungan setempat dan internasional, serta masyarakat tentang program-program berkelanjutan kampus,” tutupnya. (kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: