Uji Aktifitas Nyamuk dan Sifat Fisik Rapelan Spray Ekstrak Cair Bunga Sawit Jantan (Elaeis guineensis Jacq)

Uji Aktifitas Nyamuk dan Sifat Fisik Rapelan Spray Ekstrak Cair Bunga Sawit Jantan (Elaeis guineensis Jacq)

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Bunga sawit jantan tidak dapat berkembang secara sempurna menjadi buah,  sehingga Bunga sawit jantan akan gugur dan terbuang.

Bunga sawit jantan banyak mengandung senyawa estragole yang memiliki aroma khas menyengat, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai insektisida nabati yang digunakan untuk membunuh atau penolak nyamuk/serangga (repellent).

Berdasarkan hal tersebut maka dalam pemanfaatan limbah bunga sawit jantan diformulasi dalam bentuk repelan spray penolak nyamuk.

Dosen Peneliti Universitas Jambi (Unja) dengan Bidang Keahlian Teknologi Farmasi, Uce Lestari, S. Farm.,M.Farm mengungkapkan, saat ini belum ada ditemukan repelan spray ekstrak etanol cair bunga sawit jantan dipasaran.

“Adapun tujuan dari penelitian ini ialah menemukan formula repelan spray ekstrak etanol cair bunga sawit jantan yang memiliki sifat fisik baik, stabil pada penyimpanan serta memiliki aktivitas sebagai penolak nyamuk secara alami serta aman dalam hal penggunaanya,” jelas Dosen Peneliti Universitas Jambi (Unja) dengan Bidang Keahlian Teknologi Farmasi, Uce Lestari, S. Farm.,M.Farm Senin (10/10).

Pada penelitian ini dibuat sediaan repelan spray dengan 3 formula, Kontrol positif dan control negatif. Masing-masing formula mengandung ekstrak etanol cair bunga sawit jantan (Elaeis guineensis Jacq) dengan konsentrasi 5 persen, 10 persen dan 15 peren. Setelah itu dilakukan evaluasi sifat fisik dan uji proteksi terhadap nyamuk dari sediaan repelan spray.

“Dari hasil uji proteksi repelan spray ekstrak etanol cair bunga sawit jantan terhadap nyamuk bahwa FIII dengan konsentrasi 15 persen, dihasilkan hanya satu ekor nyamuk yang hinggap dari 25 ekor nyamuk, dibandingkan dari formula lainnya sedangkan control positif tidak ada nyamuk yang hinggap.

“Sehingga dapat disimpulkan bahwa FIII merupakan repelan spray antinyamuk yang memiliki aktivitas yang sangat kuat sebagai penolak terhadap nyamuk,” tandasnya. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: