28 Pendaki Terjebak Longsor Salju Himalaya

28 Pendaki Terjebak Longsor Salju Himalaya

Sebanyak 28 pendaki korban longsoran salju di Himalaya dan baru 8 berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat. -tangkapan video twitter @KaustuvaRGupta --

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Sebanyak 28 pendaki korban longsor salju di Himalaya dan baru 8 berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat.

28 pendaki korban longsoran salju di wilayah Uttarakhand, Himalaya yang terletak di sebelah utara India saat menjalani pelatihan pendakian gunung.

Longsoran salju tersebut menjebak 28 orang pendaki dari Institut Pendakian Gunung Nehru di Uttarkashi saat menjalani latihan di dekat puncak gunung Danda-2 Draupadi, yang memiliki ketinggian 5.771m dan merupakan jajaran pegunungan Gangotri di Garhwal Himalaya.

Menurut laporan sementara delapan anggota tim telah berhasil dievakuasi oleh penyelamat pada Selasa sore, waktu setempat.

Kepala kementerian Uttarakhand Pushkar Singh Dhami mengungkapkan bahwa pihak SAR terus melakukan penyelamatan terhadap para pendaki tersebut.

Dalam cuitan di akun twitternya, Singh menuliskan, ‘Informasi tentang 28 peserta pelatihan Nehru Mountaineering Institute yang terjebak setelah longsoran salju di puncak gunung Danda-2 Draupadi telah diterima’.

‘Operasi dilakukan dengan secepatnya, bantuan dan penyelamatan sedang dilakukan oleh pemerintah setempat ditambah dengan, Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF), Pasukan Tanggap Bencana Negara (SDRF), personel Angkatan Darat dan Polisi Perbatasan Indo-Tibet (ITBP), tulisnya.

Helikopter Angkatan Udara India telah dikerahkan untuk membantu operasi penyelamatan.

Sementara itu pihak lainnya juga telah disiagakan jika diperlukan untuk memberikan bantuan tambahan.

Menteri pertahanan India, Rajnath Singh menyatakan kesedihannya atas insiden tersebut dan belasungkawa atas kematian pertama yang dilaporkan.

Sing mengungkapkan bahwa dia sangat sedih dengan hilangnya nyawa yang berharga akibat tanah longsor yang melanda ekspedisi pendakian gunung yang dilakukan oleh Institut Pendakian Gunung Nehru di Uttarkashi.

“Belasungkawa saya ucapkan kepada keluarga yang ditinggalkan dan yang kehilangan orang yang mereka cintai," tambah Singh seperti yang dirilis oleh Times of India

CM Uttarakhand, Shri (Pushkar Dhami) yang melakukan pemantauan langsung musibah tersebut  mengatakan bahwa operasi penyelamatan sedang dilakukan untuk membantu para pendaki gunung yang masih terjebak. 

“Saya telah menginstruksikan IAF untuk memasang operasi penyelamatan dan bantuan. Berdoa untuk keselamatan dan kesejahteraan semua orang,” terang Shri.

Artikel ini telah tayang di disway.id

Dengan judul 28 Pendaki Korban Longsoran Salju di Himalaya, Baru 8 Berhasil Dievakusi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: