UKM Access Sebagai Strategi Digital Telkom Untuk Berbisnis

UKM Access Sebagai Strategi Digital Telkom Untuk Berbisnis

Tantidevi Santosa--

Oleh : Tantidevi Santosa

Tahun 2016 merupakan tahun berjalannya kegiatan digital di PT. Telkom Indonesia Tbk. Dimulai dari munculnya layanan pengajuan pinjaman dana melalui website smart bisnis serta pembayaran angsuran melalui Virtual Account Bank. 

Kemudian pada tahun 2017 Telkom memperluas metode pembayaran. Tahun 2018 muncul inovasi Smart Survey juga SMS Reminder, 2019 munculnya inovasi Dashboard TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan).

 

Diantara banyak BUMN di Indonesia, Telkom merupakan BUMN yang memiliki dashboard lengkap, demikian dikatakan Habibullah selaku staff Community Development Center Witel Jambi kepada penulis. 

 

Memasuki tahun 2021, Telkom berhasil meluncurkan aplikasi UKM Access yang merupakan aplikasi digital untuk melakukan pinjaman dana hingga monitoring pengembalian dana pinjaman. 

 

Perjalanan yang dinamis ini mendapat respon yang sangat baik di masyarakat karena terbukti banyak mitra yang sudah tergabung dalam program kemitraan dan sudah terdata dalam UKM Access. 

 

Melalui Inovasi digital nya Telkom terus mendapatkan rating tinggi diantara banyaknya BUMN yang ada di Indonesia.

 

UKM Access merupakan aplikasi untuk para mitra binaan PT. Telkom Indonesia yang diluncurkan tahun 2021. Bagi para calon mitra yang ingin bergabung dapat mengakses aplikasi ini dan melakukan pengajuan dana dengan syarat sudah menjalankan usaha selama 1 tahun. 

 

Kehadiran Telkom sebagai pilar digital sangat strategis untuk para UMKM yang ingin berkembang, dengan adanya aplikasi UKM Access masyarakat dapat dengan cepat menjadi bagian dari mitra binaan Telkom Indonesia.

 

Masyarakat di seluruh Indonesia dapat melakukan pengajuan menjadi mitra binaan di region masing-masing, karena Telkom tersebar di seluruh Indonesia. 

 

Regional 1 mencakup pulau Sumatera, Regional 2 Jabodetabek, Regional 3 wilayah Bandung, Regional 4 D.I.Yogyakarta hingga Solo, Regional 5 Denpasar, Madura, Jember, Kediri, Madiun, Malang, hingga pulau Nusa Tenggara, Regional 6 mencakup Pulau Kalimantan, dan Regional 7 mencakup Pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

 

Selain itu, adanya program bantuan pendanaan ini merupakan wujud dari TJSL PT. Telkom Indonesia, lebih tepatnya berorientasi pada pilar sosial dan ekonomi.

 


Sumber Foto : Website Asean Access--

 

Digitalisasi tidak hanya dilakukan oleh Telkom, Kementerian koperasi dan UKM juga memiliki platform jejaring digital yakni Asean Access, untuk mendukung perkembangan daya saing UMKM Indonesia dan Asean di pasar regional maupun global. 

 

Asean Access merupakan platform digital dimana para pelaku usaha dapat bertemu dengan mitra pembeli atau investor untuk memperkenalkan mereka di Pasar Asean.

 

Mekanisme digital seperti ini diharapkan dapat mempermudah interaksi lintas negara secara global. Dalam hal ini pemanfaatan platform digital

sangat membantu mempererat tali kerja sama walaupun lintas negara.

 

Keberadaan aplikasi UKM Access dinilai menjadi sarana yang mempermudah masyarakat yang ingin membuka usaha, akan tetapi tidak memiliki modal yang cukup, sehingga masyarakat pun dapat terbantu dengan adanya program bantuan dana. 

 

Hal ini dapat pula dilihat dari mereka yang sudah menggunakan UKM Access sebagai media bisnisnya.  

 

Rifki Hidayat salah satu pelaku UMKM mengaku bahwa aplikasi ini memberi dampak baik terhadap usahanya.  “Sangat membantu” tulisnya, dikutip penulis dari aplikasi UKM Access.

 

Selain itu terdapat komentar lainnya yang menilai bahwa keberadaan aplikasi ini memberi kemudahan. “Sangat membantu perkembangan UMK,” tulis Julius Usman di aplikasi UKM Access.  Tentunya masih banyak lagi komentar baik lainnya yang menilai kegunaan aplikasi ini.

 

UKM Access sendiri diciptakan sebagai langkah agar masyarakat dapat menggunakan aplikasi UKM Access Sebagai media peminjaman modal usaha. Sehingga dengan sistem yang digital Mitra dapat dengan mudah dan cepat melakukan pendaftaran sebagai mitra Telkom. 

 

Saat ini masih banyak program pendanaan yang masih harus berjalan dengan sistem non-digital seperti mendatangi kantor dan mengisi secara manual persyaratan data maupun dokumen yang diperlukan, sistem seperti ini banyak ditemui di Perbankan juga Perusahaan BUMN lainnya. Pemanfaatan digital baru ditemukan pada PT. Telkom Indonesia.

 

Tips Mendaftar UKM Access

 


Sumber Foto : Aplikasi UKM Access--

 

Bagi para pelaku UMKM dapat langsung mendownload aplikasi UKM Access di ponsel berbasis android (playstore) dan pastikan usaha yang dijalani sudah berjalan selama 1 Tahun. Jangka waktu usaha termasuk dalam persyaratan. 

 

Berikut Cara mudah mendaftar UKM Access :

 


Sumber Foto : Aplikasi UKM Access--


a. Mitra harus mendaftar sebagai mitra baru, kemudian akan diarahkan untuk mengisi data, pastikan mengisi data dengan benar.

b. Pastikan untuk mempersiapkan dokumen pribadi penting seperti KTP dan KK

c. Kemudian pastikan juga untuk mempersiapkan surat izin usaha dari pihak yang berwenang, kemudian perkembangan kinerja usaha seperti arus kas, perhitungan pendapatan, surat nikah (apabila calon mitra binaan berstatus menikah), NPWP, atau daya yang menunjukkan keadaan keuangan serta hasil usaha, kebutuhan dana, surat pernyataan tidak sedang menjadi Mitra Binaan BUMN dan juga denah lokasi tempat usaha.

d. Periksa aktivasi email dan nomor telepon, karena kode otp akan dikirimkan melalui telepon seluler, dan email sebagai pusat informasi.

e. Setelah selesai mengisi data diri, mitra dapat langsung login ke beranda awal

aplikasi untuk kemudian diarahkan mengisi data tambahan seperti Nama usaha, Foto usaha dan sebagainya.

 

Jika terjadi kendala dapat menghubungi petugas Telkom Terdekat, kemudian akan dibantu oleh petugas dari unit CDC. (***)

 

*** Penulis adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Warga Kota Jambi.

 

Referensi Artikel :

https://money.kompas.com/read/2022/08/18/121000426/kemenkop-ukm-tingkatkan-daya-saing-umkm-di-pasar-global-dengan-jejaring

https://teknologi.bisnis.com/read/20220512/101/1532492/peran-strategis-telkom-bantu-umkm-naik-kelas

https://jassmh.wordpress.com/2017/01/10/cara-mengajukan-pinjaman-program-kemitraan-pt-telkom-indonesia/

https://smesta.kemenkopukm.go.id/tentang-asean-access/

Sumber: