Minggu Ketiga September Pendaftaran PPPK 2022 Dibuka, Pelamar Wajib Login di sscasnbkn.go.id

Minggu Ketiga September Pendaftaran PPPK 2022 Dibuka, Pelamar Wajib Login di sscasnbkn.go.id

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas umumkan pendaftaran PPPK dibuka disertai jadwal P3K 2022. (Dok Menpan.go.id)--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kabar baik datang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas.

Mantan Bupati Banyuwangi itu menyebut pendaftaran PPPK dibuka minggu ketiga hingga minggu keempat September.

Kini, calon pelamar harus siap-siap menunggu dan tidak melewatkan pengumuman resmi jadwal pendaftaran PPPK dibuka.

Seperti diketahui, pendaftaran PPPK 2022 secara bertahap, dimulai dari pelamar prioritas 1 (P1), kemudian pelamar pelamar prioritas 2 (P2) dan pelamar prioritas (P3), lalu terakhir pelamar umum.

"Semua pendaftar wajib login di SSCASN," ucap Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen, dalam rapat koordinasi persiapan pengadaan ASN pekan lalu.

SSCASN singkatan dari Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara. SSCASN adalah portal pelamaran terintegrasi berbasis internet yang digunakan dalam pengadaan ASN.

Seluruh pelamar P3K harus login di sscasn.bkn.go.id untuk memulai proses pendaftaran P3K 2022.

Pelamar P1, P2, P3, menggunakan akun lama yang sudah dibuat di sscasn.bkn.go.id pada 2021 lalu.

Sedangkan pelamar umum harus membuat akun baru terlebih dahulu sebelum memulai proses pelamaran dan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2022.

Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Prof Nunuk Suryani membeberkan secara rinci jadwal seleksi PPPK Guru 2022.

Nunuk Suryani mengatakan jadwal seleksi P3K untuk guru yang lulus PG (passing grade) 2021 atau pelamar prioritas P1 akan dilaksanakan pada September hingga Oktober 2022.

Guru lulus PG langsung mendapatkan penempatan di sekolah tempat tugasnya atau sekolah lain yang berada di instansi yang sama. Pelamar P1 tidak perlu mengikuti tes CAT, tapi tetap wajib login di sscasn.bkn.go.id.

Selain pelamar P1, pelamar prioritas P2 dan P3 juga akan dituntaskan pada September hingga Oktober.

Pelamar P2 adalah tenaga honorer kategori 2 (THK II) yang belum lulus PG. Sedangkan pelamar P3 adalah guru honorer sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik (data pokok pendidikan) dengan masa kerja paling rendah 3 tahun.

Sumber: www.sewaktu.com