Resmi, Presiden Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas Jadi MenPAN RB

Resmi, Presiden Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas Jadi MenPAN RB

Jokowi lantik Azwar Anas sebagai Menpan-RB di Istana Negara. (setkab)----

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi resmi melantik mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu 7 September 2022.

Pelantikan Azwar Anas didasarkan pada Surat Keputusan Presiden RI Nomor 91/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

“Mengangkat Sdr Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024,” bunyi petikan Keputusan Presiden yang ditetapkan pada tanggal 7 September 2022 tersebut.

Usai pembacaan Keputusan Presiden oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti, prosesi dilanjutkan dengan pengucapan sumpah oleh pejabat yang akan dilantik.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Azwar Anas juga pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode yaitu pada periode 2010-2015 dan periode 2016-2021. Selain itu, pria kelahiran 6 Agustus 1973 ini juga tercatat pernah menjadi anggota MPR dan DPR.

Presiden Joko Widodo meminta agar Abdullah Azwar Anas dapat melakukan reformasi birokrasi dengan cepat setelah menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

"Sekali lagi PAN-RB. RB-nya Reformasi Birokrasi. Jadi digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi," kata Presiden Jokowi usai pelantikan.

"Beliau tidak usah diberi pesan-pesan, sudah mengerti apa yang harus dilakukan, sangat mengerti. Bukan mengerti (saja) tapi sangat ngerti," tambah Presiden.

Presiden Jokowi menilai Azwar Anas memiliki rekam jejak yang bagus saat menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Jawa Timur.

"Track record-nya jelas waktu memegang birokrasi di Banyuwangi. Banyak sekali yang saya lihat, saya melihat langsung ke sana, inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, inovasi-inovasi di urusan KTP, perizinan, dan bisa dilakukan di pasar, di mal. Saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu," tutur Presiden.

Abdullah Azwar Anas saat ini juga menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) sejak 13 Januari 2022.

Azwar Anas pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode yaitu pada periode 2010-2015 ketika diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan periode 2016-2021 yang diusung PDI Perjuangan. Sebelumnya ia pernah menjadi anggota MPR dan DPR RI.

Ketika menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Azwar Anas dinilai berhasil mendorong pariwisata di kabupaten tersebut, termasuk dengan menyelenggara sejumlah kegiatan seperti Tour de Ijen, Banyuwangi Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Banyuwangi Jazz Festival.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: