Pengabmas Dosen dan Mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKIK Unja

Pengabmas Dosen dan Mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKIK Unja

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKIK Unja bersama masyarakat setempa--

Edukasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular Melalui Gerakan Masyarakat Sehat di Desa Tanjung Lanjut Kabupaten Muarojambi Tahun 2022

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Universitas Jambi (Unja) melalui Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unja, melakukan pengabdian masyarakat (Pengabmas) dosen dan Mahasiswa tahun 2022 di Desa Tanjung Lanjut Kabupaten Muaro Jambi.


Penyerahan buku saku PTM, leafleat dan timbangan kepada Kades Tanjung Lanjut--

Tema Kegiatan Pengabmas ini adalah Edukasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular Melalui Gerakan Masyarakat Sehat. Ketua Tim Pengabmas Puspita Sari, S.KM.,M.Kes Bersama anggota Lia Nurdini, S.ST.,MKM dan Silvia Mawarti Perdana, S.Gz.,M.Si serta mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Ketua Tim Pengabmas, Pita mengatakan, dalam 30 tahun terakhir ini, terjadi perubahan pola penyakit yang disebabkan berubahnya perilaku manusia. "Pada era tahun 1990an, penyebab kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas, TBC, Diare dll.Sejak tahun 2010 penyebab terbesar kesakitan dan kematian adalah penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, dan kencing manis," kata Ketua Tim Pengabmas, Pita kemarin (24/8). 

Dikatakannya, Penyakit Tidak Menular (PTM), saat ini dapat menyerang bukan hanya usia tua tetapi telah bergeser ke usia muda, dari semua kalangan kaya dan miskin dan tinggal di kota maupun di desa.

Risiko terjadinya PTM dapat dicegah, oleh sebab itu perlu dilakukan suatu kegiatan pencegahan oleh seluruh masyarakat Indonesia dari semua kalangan yaitu dari umur muda sampai tua, jenis pekerjaan, status sosial, status ekonomi, di desa maupun kota melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

"Tujuan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, adalah agar masyarakat berperilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan terjaga. Jika sehat, produktivitas masyarakat meningkat. Terciptanya lingkungan yang bersih, dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat berkurang," jelasnya.

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, tentang  Pencegahan Penyakit Tidak Menular Melalui Gerakan Masyarakat Sehat di Desa Tanjung Lanjut Kabupaten Muarojambi. Pelaksanaan Edukasi PTM melalui Germas dilakukan pada Jumat (5/8) lalu di balai pertemuan Desa Tanjung Lanjut Kabupaten Muarojambi dengan melibatkan ibu-ibu,dan perangkat Desa Tanjung Lanjut.

"Kegiatan yang dilakukan adalah edukasi kesehatan tentang Germas dan pencegahan PTM, senam stroke dan lomba kreasi makanan sehat dari bahan lokal," tandasnya. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: