FTK UIN STS Jambi Gelar PKM, Dampingi Guru Madrasah dalam Pemanfaatan Portofolio Digital

   FTK UIN STS Jambi Gelar PKM, Dampingi Guru Madrasah dalam Pemanfaatan Portofolio Digital

FTK UIN Jambi Dampingi Guru Madrasah dalam Pemanfaatan Portofolio Digital Mendukung Pembelajaran di Era Society 5.0--

Mendukung Pembelajaran di Era Society 5.0

 JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dari berbagai prodi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berkolaborasi melaksanakan pengabdian sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tim Dosen yang terdiri dari 4 prodi yaitu Kiki Fatmawati, M.Pd, Paujan Azim, M.Pd, Marni Zulyanty, M.Pd, Nining Nuraida, M.Pd, Desti Anggraini, M.Pd, Rima Meslita, M.Pd, Nanda Gusriani, M.Pd, Diandara Oryza, M.Pd, Reni Andriani, M.Pd, Dian Nisa Istofa, M.Pd.I, Nanang Nofriadi, M.Pd, Defina Dwi Bulan, M.Sc, Diah Dwi Santri, M.Pd, Muhaiminah Jalal, M.Pd, Elis Muslimah Nuraida, M.Pd, Ainun Mardia, M.Sc dan Abul Walid, M.Pd menyelenggarakan pendampingan pemanfaatan aplikasi portofolio digital sebagai karakteristik pembelajaran di era society 5.0 yang berlokasi di MI Nurul Hidayah Kota Jambi.

Kegiatan  pengabdian ini dilakukan pada hari Sabtu, (23/7) dan di sambut hangat oleh guru-guru MI Nurul Hidayah yang muda dan energik. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu guru-guru untuk peningkatan kompetensi dalam pembelajaran apalagi di Era Society 5.0 yang sudah mengarah digitalisasi.

“MI Nurul Hidayah ini pada awalnya berdiri sejak tahun 1987 dengan kondisi yang masih sederhana. Namun, semakin lama semakin berkembang dengan adanya dukungan dari masyarakat sekitar dan guru-guru yang selalu berupaya memajukan madrasah ini. Tujuan pendirian madrasah ini pada awalnya semata-mata untuk fasilitas pendidikan bagi warga sekitaran Pasir Putih. Sekarang madrasah ini tidak hanya diperuntukkan bagi warga sekitaran daerah Pasir Putih saja yang mempercayakan anaknya sekolah di sini. Tetapi banyak juga dari daerah yang berada di luar kawasan Pasir Putih misalnya dari Kecamatan Telanaipura, Talang Banjar dan sebagainya. Saya berharap madrasah ini bisa menjadi lebih baik dan punya peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.” Jelas Ibu Dra. Nikmatus Saidah, M.Pd.I selaku kepala Madrasah.

Sebagai Ketua Tim, Ibu Kiki Fatmawati, M.Pd yang diwakili oleh Ibu Nining Nuraida, M.Pd menjelaskan tujuan dan manfaat dari portofolio digital bagi guru. Beliau menjelaskan bahwa dalam perkembangan teknologi di dunia pendidikan, salah satu terobosan yang ada adalah transformasi dari portofolio manual ke portofolio secara online (portofolio digital). Menurut Abrami dan Barret, portofolio digital adalah wadah digital yang mampu menampung konten audio dan visual termasuk teks, suara, gambar, dan video. Portofolio digital dapat menjangkau lebih banyak orang dan menciptakan kesempatan untuk melatih siswa membuat narasi perkembangan dan pencapaian mereka sendiri, keterampilan yang bisa mereka gunakan baik untuk pertumbuhan personal maupun profesional di masa depan nanti.

  Kegiatan pengabdian pendampingan pemanfaatan aplikasi portofolio digital sebagai karakteristik pembelajaran di era society 5.0 dimulai pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIB dengan jumlah guru yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 45 orang. Kegiatan yang berdurasi 4 jam ini dibagi menjadi 5 sesi yaitu (1) Introduction; (2) Connection; (3) Application ; (4) Reflection dan (5) Extension.

Pada sesi Kegiatan Introduction pendamping yang diwakilkan oleh Bapak Paujan Azim, M.Pd menyampaikan latar belakang, tujuan, dan garis besar kegiatan. Connection melakukan Urun pengetahuan terkait Portofolio Digital. Selanjutnya kegiatan Application yaitu Kegiatan: Latihan membuat Portofolio Digital. Pada kegiatan Reflection mererefleksi apa itu Portofolio Digital dan mengapa perlu Portofolio Digital bagi guru serta memberikan penguatan-penguatan. Terakhir pada kegiatan Extension menyarankan guru untuk senantiasa memperbaharui konten Portofolio Digital dengan berbagai materi yang relevan dalam praktik mengajar.

Kegiatan pengabdian  yang  dilaksanakan  bagi  guru-guru  di  MI Nurul Hidayah telah berlangsung  dengan  baik. Antusias  guru  dalam  proses  pelaksanaan Pendampingan Pemanfaatan Portofolio Digital sebagai Karakteristik Pembelajaran Di Era Society 5.0 di MI Nurul Hidayah Kota Jambi dan  sambutan  positif  bahwa  kegiatan  ini  berdampak  baik  bagi  guru-guru untuk kedepannya karena menggunakan portofolio digital penting untuk menggambarkan perjalanan belajar guru dan menyediakan bukti adanya hubungan antara teori dan praktik nyata pembelajaran di kelas.

Mereka berharap akan ada lagi pendampingan seperti ini dilakukan oleh dosen Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, tetapi dengan tema yang berbeda-beda. Selain itu, sebagai masukan untuk pendampingan ini, agar dosen-dosen juga membuatkan video tutorial yang menarik supaya materi pendamingan yang telah diajarkan bisa mereka tonton kembali untuk meningkatkan pemahaman mereka. (Uci/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: