UIN SUTHA Jambi Ikut Serta Dalam Lokakarya UI GreenMetric World University Rankings di Yogyakarta

UIN SUTHA Jambi Ikut Serta Dalam Lokakarya UI GreenMetric World University Rankings di Yogyakarta

Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc selaku Ketua Pusat KSDH untuk mengikuti agenda rutinitas dari UI GreenMetric World University Ranking--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pusat Kajian Konservasi dan Sumber Daya Hayati (KSDH) UIN SUTHA Jambi, Rabu – Kamis (27028/7) menghadiri undangan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) dalam acara Lokakarya Nasional UI GreenMetric World University Rankings di UII, Yogyakarta.


Pusat Kajian KSDH mengutus Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc selaku Ketua Pusat KSDH untuk mengikuti agenda rutinitas dari UI GreenMetric World University Ranking. Lokakarya Nasional ini merupakan kerjasama antara Universitas Islam Indonesia (UII) dengan UI Green Metric World University Rangkings dengan peserta member UI GreenMetric World University Rankings Network se-Indonesia dengan tema Lokakarya Infrastruktur dan Lingkungan Kampus “Kampus Hijau sebagai Implementasi Lingkungan Berkelanjutan”.

Kegiatan dil dilaksanakan secara luring terbatas dengan kuota maksimal 75 peserta, bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof.Dr.dr. Sardjito, M.P.H., Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jalan Kaliurang Km 14,5 Sleman, Yogyakarta.

Kegiatan dibuka langsung Rektor Universitas Islam Indonesia, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D dan dalam sambutannya Rektor UII menyampaikan bahwa kampus hijau ini memiliki arti yang luas, kata hijau ini berarti sesuatu yang berkelanjutan sebagai budaya bersama untuk perubahan. Setiap perguruan tinggi punya peluang untuk melakukan perubahan masing-masing dan dengan pendekatan budaya serta perlu diadaptasi dengan baik menyesusaikan dengan keuinikan pada setiap perguruan tinggi. serta kata sambutan dari Chairperson of UI GreenMetric World University Rankings, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., dengan Narasumber dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yaitu Universitas Islam Indonesia, Telkom University, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Indonesia pada hari pertama yaitu pemateri Dr.-Ing. Ir. Illya Fadjar Maharika, M.A., IAI dengan membawakan materi bertema “Kampus Hijau: Infrastruktur, Ruang, dan Digitalisasi, pemateri kedua yaitu Danang Adi Kresnata, S.T., dengan materi bertemakan “Penerapan Building Information Modelling pada Lingkungan Kampus. Pemateri ketiga yaitu Aris Hartama, S.T., M.T., dengan materi bertemakan Implementasi Zero Waste di Lingkungan Kampus. Pemateri keempat yaitu Prof. Dr. Ir. Amin Retnoningsih, M.Si., dengan materi bertemakan Implementasi Konservasi Flora sebagai Strategi Penguatan Peran Kampus Hijau untuk Mewujudkan Lingkungan Kampus yang Nyaman, Indah, dan Sehat. Pemateri kelima yaitu Ir. Tony Kunto Wibisono, M.T., GP., dengan materi bertemakan Penerapan Fitur Bangunan Hijau pada Bangunan gedung di UII.

Kehadiran UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada agenda ini yaitu sebagai anggota/member dari UI GreenMetric World University Rankings sejak 2020 hingga saat ini.

“Partisipasi UIN STS Jambi juga merupakan langkah yang strategis untuk membangun kolaborasi bersama lintas perguruan tinggi pada bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendukung Perankingan Dunia,” tegas Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc, Ketua Pusat KSDH UIN SUTHA Jambi.

Ditambahkannya, kegiatan ini sangat menarik mengingat semua perguruan tinggi berlomba dalam mewujudkan kampus yang ramah lingkungan tentu saja ini menjadi peluang dan tantangan sendiri. Berbagai indicator pada perankingan UI GreenMetric World University Rankings ini juga memasukkan unsur Green Building, Kampus Ramah Lingkungan terutama bagi penyandang Disabilitas. Dari kegiatan pada hari pertama ini kita bisa melihat dan mencontoh praktik baik dalam pengelolaan Green Campus yang Ramah Lingkungan sebagai bentuk Pencapaian Program Sustainable Development Goals.

Kegiatan pada hari pertama ini diikuti oleh berbagai perserta dari perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya dari :

1.         Universitas Indonesia

2.         UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

3.         Universitas Gadjah Mada

4.         Universitas Islam Indonesia

5.         Institut Teknologi Telkom Purwokerto

6.         UIN Alaudin Makasar

7.         UIN Datokarama Palu

8.         Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena

9.         Universitas Muria Kudus

10.       Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

11.       Universitas Palangkaraya

12.       Universitas Ciputra Surabaya

13.       Universitas Pancasila

14.       Universitas Medan Area

15.       STIE Muhammdiyah Jakarta

16.       Universitas Pakuan Bogor

17.       Universitas Galuh

18.       Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

19.       Universitas Negeri Malang

20.       Universitas Jember

21.       Universitas Muhammadiyah Malang

22.       Universitas Muhammadiyah Jakarta

23.       Universitas Budi Luhur

24.       Universitas Teknologi Yogyakarta

25.       Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

26.       STIKES Citra Delima Bangka Belitung

27.       Universitas Negeri Yogyakarta

28.       Institut Teknologi Sumatera

29.       Universitas Sulthan Ageng Tirtayasa

30.       Telkom University

31.       Universitas Raden Fatah Palembang

32.       Institut Pertanian Bogor

33.       Universitas terbuka

34.       Institut Sains dan Teknologi Nasiona

35.       Universitas Ahmad Dahlan

36.       UIN Salatiga

37.       UIN Raden Intan Lampung

38.       IAIN Metro

39.       Universitas Lampung

40.       UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

41.       Universitas Sebelas Maret

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: