Peluru Menembus Jantung Abe, Sempat Berbalas Cuitan dengan Jokowi di Twitter

Peluru Menembus Jantung Abe, Sempat Berbalas Cuitan dengan Jokowi di Twitter

Jokowi mengenang Abe sebagai salah satu pemimpin dunia pertama yang ditemuinya seusai terpilih sebagai Presiden RI pada 2014.--

JEPANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akhirnya menghembuskan nafas terakhir di usia 67 tahun pukul 17:00 waktu setempat pada JUmat (8/7).

 

Rumah Sakit Nara Medical University merilis kondisi Abe sangat kritis sebelum dinyatakan meninggal dunia.Dokter yang menangani Abe menkonfirmasi peluru yang menewaskan Abe cukup dalam hingga mencapai jantung 

 

Kata dokter jarak antara satu luka dengan yang lainnya sepanjang lima sentimeter, demikian dikutip dari CNN Indonesia. 

 

Abe ditembak sebanyak tiga kali di bagian dada dan lehernya . Pelaku penembakan sudah diketahui yaitu seorang pria bernama Yamagami Tetsuya, mantan Angkatan Laut Jepang.

 

Abe sedang berpidato kampanye di depan stasiun Kota Nara saat tertembak. Ia memberikan pidato untuk seorang kandidat pejabat lokal di Nara.

 

Dikutip dari NHK, Tetsuya Yamagami  berusia 41 tahun dan tinggal di kota Nara. Ia kini dikenakan tuduhan percobaan pembunuhan.

 

Menurut polisi setempat Tetsuya telah mengaku ia sengaja ingin menghabisi nyawa Abe dengan alasan tidak suka dengan perdana menteri terlama memimpin Jepang itu. Motif itu diungkap pelaku saat diinterogasi oleh polisi. Tetsuya kini ditahan di kantor polisi Nara Nishi.

 

Dari beberapa video yang beredar di media sosial, saat kejadian memperlihatkan paramedis berkerumun di sekitar Abe yang tergeletak di tengah jalan. 

 

Abe mengundurkan diri sebagai PM pada 28 Agustus 2020 lalu karena alasan kesehatan. Jokowi ketika itu sempat mengirimkan ucapan terimakasih kepada Abe melalui twitter dan viral setelah Abe membalas cuitan Jokowi dengan kalimat dalam Bahasa Indonesia. 

 

 

“PM Abe was one of the first world leaders I met when I took office as President of Indonesia in 2014. Under his leadership, we witness stronger bilateral relations between Indonesia-Japan. Thank you PM @AbeShinzo @JPN_PMO for your friendship. Wishing you good health always,” tulis Jokowi pada 28 Agustus 2020. 

 

 

Lalu Abe membalasanya dan menulis “Perkenankan saya mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas pesan hangat yang telah Yang Mulia tulis,” kata Abe melalui akun Twitternya, @AbeShinzo pada 1 September 2020. (dpc)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: