Ingin Jadi Guru atau Pengusaha?

Ingin Jadi Guru atau Pengusaha?

Ririn Megawati--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pandemi telah mengubah segalanya, belajar daring, tidak bertemu teman dan tak mendapat banyak materi yang maksimal dari sosok guru. Hal ini membuat Ririn Megawati jadi sangat merasakan peran penting guru lalu  ingin menjadi guru. 

 

“Selama pendemi, sedikit dapat bimbingan dari guru, otak jadi letih bekerja sendiri, ketika itu pula kita jadi rindu akan guru-guru kita, rindu belajar di kelas,” ujar siswi SMK Negeri 1 Muaro Jambi ini. Ketika pandemi pula baru terasa, betapa seorang siswa sangat butuh sosok guru. 

 

Kekagumannya akan peran guru membuat Ririn semakin bertekad untuk bisa menjadi seorang guru. “Kebetulan dari kecil saya memang suka membagi ilmu dengan siapapun,” ujar penyuka sambal hati ayam ini. 

 

Selain menjadi guru Ririn juga ingin menjadi pengusaha. Jadi guru mendidik banyak anak bangsa, kalau jadi pengusaha  kata Ririn bisa menghidupi banyak orang atau karyawan. Pengusaha kata ririn juga tak perlu diperintah oleh orang lain karena kita yang menjadi bosnya. 

 

“Tapi jadi pengusaha bebannya juga tinggi, maju atau tidaknya sebuah usaha juga tergantung pemiliknya, ada inovasi apa tidak, bisa memimpin apa tidak,” lanjutnya. Kemudian penguasaha yang sukses biasanya bisa memulai bisnisnya dari nol. “Kalo meneruskan bisnis orangtua itu tantangannya pasti beda, akan lebih tangguh mereka mulai dari nol sendiri,” lanjut penyuka warna coklat dan hijau ini. 

 

Agar bisa menjadi sosok yang tangguh, Ririn Megawati pun memanfaatkan masa sekolahnya dengan maksimal. Selain fokus belajar ia juga memanfaatkan waktunya dengan aktif pada banyak organisasi yang ada di SMKN 1 Muaro Jambi.

 

Sebenarnya kesukaan Ririn dalam bidang organisasi telah ada sejak ia duduk di bangku SMP. Itu pun berlanjut hingga ia sekolah di SMKN 1 Muaro Jambi. Kini Ririn tercatat sebagai pengurus  PMR, PIK dan Osis di sekolahnya. 

 

“Saat berorganisasi banyak banget manfaatnya,” kata Ririn. Mulai dari pembentukan karakter, belajar ilmu kepemimpinan, menambah banyak teman dan juga menambah banyak sekali pengalaman. 

 

BACA JUGA:

PROFIL Riski Romaulina

PROFIL Danailah Sofiah

Yamaha Road to SMKN 1 Muaro Jambi

 

Kata Ririn, semua manfaat yang diperoleh selama aktif dalam organisasi diharapkan bisa berguna untuk masa depannya, entah menjadi seorang guru yang bertugas mendidik generasi penerus bangsa atau menjadi pengusaha yang berkontribusi ikut memajukan ekonomi negeri, atau bahkan dua-duanya, jadi guru plus pengusaha. “Doakan saja ya, jadi apapun nanti yang penting bisa jadi orang bermanfaat untuk keluarga dan lingkungan sekitarnya,” lanjut Ririn lagi. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: