Sosmed, Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat

Sosmed, Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat

Agling S--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sosial media (sosmed) seperti kita ketahui adalah media untuk bersosialisasi secara online. Meski maknanya bersosialisasi, namun dengan sosmed pula, bisa memberikan jarak antara satu sama lain, terutama yang dekat. Begitu pendapat Agling S, siswi SMKN 2 Kota Jambi saat di tanya terkait dampak sosmed dalam kehidupan.

 

Dampak positif dari sosmed adalah memudahkan kita mencai informasi yang kita tidak tau, ujar Agling. Meski sosmed identic dengan media untuk having fun, namun kini sosmed juga menjadi sumber informasi yang sangat kredible.

 

Kini banyak media-media besar, baik nasional maupun internasional, memiliki akun sosmed, mereka menyebarkan informasi yang bermanfaat, lanjutnya. Ia mencontohkan, Jambi Ekspres memiliki akun sosmed IG atau Tik Tok. Untuk informasi berita memang harus disaring dari akun mana saja sumbernya, cari yang kredible, lanjut Agling.

 

Dampak baik lainnya, sosmed banyak membantu orang lain. Banyak yang bisa menghasilkan uang dari akun sosmed, membuka olshop, kemudian sosmed juga jadi sarana belajar  dan hiburan juga ketika sedang  bosen, lanjutnya.

 

Namun di balik manfaat positifnya, sosmed dirasa Agling juga memberi dampak negatif. Karena sosmed bisa menjauhkan interaksi, dari dekat bisa jadi jauh, ujar pecinta warna hitam ini. Misalnya, dulu berteman, kita tidak tau kabar mereka secara detail jika tak bertemu atau bertanya langsung kabarnya via telpon, kini dengan sosmed, tidak perlu bertanya, kita pun sudah tau kabar mereka dari sosmed mereka, kondisi ini juga membuat minim komunikasi dan interaksi keduanya.

 

Kemudian sosmed bisa membuat kita tak terlalu menghargai kebersamaan. Sekarang kalo sudah ngumpul, bukan saling bicara yang dilakukan malah saling lihat handphone, cek sosmed, dan malah mencari tau tentang orang lain yang sedang tidak duduk dengan kita, itu sering terjadi, “ kata Agling.

 

Cewek yang suka dunia dance ini pun berbagi tips, agar sosmed tak memberi banyak dampak negatif. Aku menyukai dunia sosmed, namun aku tetap berusaha menghargai interaksi langsung, baik dengan keluarga maupun sahabat, jika ada waktu bertemu mereka, aku usahakan membuat pertemuan itu memberi dampak baik bagi kedekatan kita, saling bicara, meski kadang sulit, tapi tetap berusaha, lanjutnya. Tak ada yang lebih efektif memberi kedekatan emosional selain berbicara langsung, itu pun coba lakukan Agling. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: