>

Wako Fasha Buka Musda LAM Kota Jambi

Wako Fasha Buka Musda LAM Kota Jambi

MUSDA: Walikota Jambi membuka Musda IX LAM Kota Jambi, kemarin (18/5).--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Walikota Jambi Syarif Fasha membuka Musda IX Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Jambi. Kegiatan berlangung di gedung Lembaga Adat Kota Jambi, di Kota Baru, kemarin (18/5).

Walikota Jambi Sy Fasha mengatakan, dalam Musda tidak hanya fokus pada pemilihan ketua. Namun bagaimana peran LAM nantinya setelah pelaksanaan Musda.

“Pemilihan ketua itu 30 persennya saja, terpenting 70 persenya adalah program kedepan seperti apa,” kata Fasha, Rabu (18/5).

Lebih lanjut Fasha menyebutkan, ada ‘PR’ besar yang yang harus dikerjakan opleh pengurus LAM Kota Jambi, yakni, bagaimana menempatkan poroses hukum adat di lingkungan masyarakat.

“Bagaiman menempatkan hukum adat sebagai proses dari akhir Restorative Justice (RJ),” imbuhnya.

Kata Fasha, di tengah Musda LAM Kota Jambi, juga diberikan pembekalan oleh Kepala Kejaksaan Negri Jambi terkait dengan Retorative Justice. Kini di Kota Jambi sudah ada satu percontohan rumah Restorative Justice di wilayah Alam Barajo.

“Sudah ada percontohan rumah Restorative Justice,” ujarnya.

Rumah Restorative Justice tersebut adalah wadah sebuah pendekatan untuk mengurangi masalah kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan pelaku. Di rumah RJ itu dilakukan musyawarah untuk menangani permasalan pidana di tengah masyarakat, sehingga tidak masuk ke pengadilan. Namun, tetap ada kategori pelanggaran pidana yang bisa dilakukan RJ.

Sebelumnya, Fasha mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi penguatan RJ di tingkat Kota Jambi. Termasuk meminta pihak Kejari maupun Kejati Jambi agar mengusulkan ke Kejagung, supaya dapat memberikan kewenangan RJ pada masing-masing jajaran di daerah. (hfz)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: