FEBI Gelar Pendampingan Sertifikasi Halal ke UMKM di desa Tangkit Baru

FEBI Gelar Pendampingan Sertifikasi Halal ke UMKM di desa Tangkit Baru

Beberapa Produk UMKM di Desa Tangkit Baru--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Setelah sebelumnya mendapatkan pelatihan pendamping proses produk halal (PPH) dari Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) UIN Sutha, beberapa dosen FEBI turun ke masyarakat guna melakukan pengabdian berupa melakukan pendampingan sertifikasi halal kepada beberapa UMKM yang berada di desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Jumat (27/5).

 

1.     FEBI menggelar pendampingan sertifikat halal

Kegiatan diketuai Titin Agustin Nengsih, S.Si., M.Si., Ph.D, dan anggota Sri Rahma, M.E, Nurfitri Martaliah, M.E.K, Yuliana Safitri, S.Si., M.Si dan Fauzan Ramli, M.E dengan dihadiri kelompok UMKM yang ada di Desa Tangkit.

"Sosialisasi pendampingan proses produk halal ini bertujuan untuk mendampingi beberapa UMKM yang terdapat di desa tangkit baru dalam mensertifikasi halal dari produksi UMKM tersebut," jelas Titin Agustin Nengsih, S.Si., M.Si., Ph.D.

Dijelaskannya, terdapat banyak manfaat dan keuntungan UMKM ketika sudah mendapatkan sertifikasi halal, antara lain produk UMKM tersebut akan lebih mudah diterima oleh lapisan masyarakat, Kedua produk lebih terjamin akan bahan yang digunakan, proses pembuatan hingga pengemasan yang telah teruji akan halal lagi baik dan produk UMKM akan siap bersaing masuk kedalam industri nasional.

Foto bersama

Hasil dari kegiatan yang diperoleh melalui diskusi secara langsung dengan kelompok UMKM menyatakan bahwa seluruh peserta bersedia mengikuti pendampingan proses produk halal ini dan juga mengatakan bahwa pengabdian masyarakat ini sangat bagus, bermanfaat, dan baik serta menambah wawasan mereka.

“Pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun guna memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia dan juga merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” pungkas Titin Agustin Nengsih, S.Si., M.Si., Ph.D. (uci)

Sumber: