Mahasiswa UNJA Jadi Delegasi Provinsi Jambi dalam PPAP 2022

Mahasiswa UNJA Jadi Delegasi Provinsi Jambi dalam PPAP 2022

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mahasiwa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNJA, Lutfi Nurul Padhi serta Mahasiswa Program Studi Manajemen FEB UNJA, Grace Martini berhasil menjadi Putra dan Putri Delegasi Provinsi Jambi dalam kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) tahun 2022. Dimana kegiatan tersebut diselenggarkan pada tanggal 11 Mei di Aula Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi.

PPAP merupakan program yang dibentuk oleh Kemenpora RI dan diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi dalam mencari delegasi dari Provinsi Jambi. Program ini bertujuan sebagai wadah untuk mengeksplor generasi penerus bangsa dalam pemberdayaan dan pengembangan desa, dengan harapan setelah berakhirnya kegiatan ini bisa menghasilkan pemuda-pemudi perwakilan masing-masing provinsi yang dapat berkontribusi kembali di provinsi tempat mereka berasal untuk pengembangan dan pemberdayaan lokasi daerah. “Delegasi akan diberangkatkan ke Provinsi Papua Barat / Provinsi Jawa Timur. Untuk tanggal pasti belum ada informasi lebih lanjut dari Kemenpora, tapi bayangannya itu di akhir bulan Juni atau di awal bulan Juli,” ujar Lutfi.

Kegiatan PPAP sendiri diketahui mempunyai seleksi yang cukup ketat karena menyaring hampir 200 peserta dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi. Jumlah peserta final yang mengikuti kegiatan PPAP sebanyak 6 orang putri dan 5 orang putra, dimana 11 peserta tersebut merupakan hasil pemilihan dan seleksiyang dilakukan oleh Dispora Provinsi Jambi sebagai pemuda-pemudi terbaik dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. Peserta terpilih merupakan peserta yang telah lolos tes administrasi, tes tertulis, dan tes wawancara.

Lutfi mengatakan bahwa sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai hadiah apa yang akan diberikan, namun ia menjelaskan bahwa juara 1 akan diberangkatkan ke provinsi tujuan dan didanai sepenuhnya oleh Kemenpora, baik dari perjalanan pergi sampai perjalanan pulang kembali. “Saya ingin memberikan kontribusi lebih terkait dalam pengembangan dan pemberdayaan desa dan menggerakkan hati para pemuda Provinsi Jambi untuk selalu memberikan kontribusi luas bagi provinsi Jambi hususnya dan Indonesia pada umumnya,” tutur Lutfi.

Grace Martini yang menjadi Delegasi Putri melalui jalur seleksi Pertukaran Pemuda Antar (PPAN) mengatakan bahwa ia mempunyai mimpi yang cukup liar terhadap banyak hal yang ingin ia ikuti,tapi jauh di dalam hatinya, ia tahu bahwa ia akan pulang kembali untuk membangun daerahnya. “Jauh di dalam hati saya, saya tahu bahwa saya akan pulang ke SUMBAGSEL (khususnya Jambi) dan membangun daerah saya, untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut, salah satu tangga kesana ialah lewat PPAP 2022 oleh Kemenpora,” tegas Grace.

Grace memulai persiapan untuk mengikuti kegiatan PPAP dengan membuat proposal program yang akan diajukan dan mempelajari materi-materi untuk tes. “Saya pribadi mengangkat sisi kuliner Provinsi Jambi berupa Pempek Sambal untuk diperkenalkan di hadapan Kemenpora dan PPAP. Selain itu persiapan tes-tes berupa materi umum, kebangsaan, seni budaya, dan sosial. Salah satu fokus program ini juga mempelajari sistem pariwisata di Provinsi tempat tujuan pertukaran, untuk bisa diaplikasikan di Jambi ketika kembali, bekerja sama dengan komunitas dan stakeholder,” Grace menambahkan.

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP, ibu Dr. Dra. Upik Yelianti, M.S., menyambut baik prestasi yang diraih Lutfi sebagai Delegasi Putra dan berharap Lutfi bisa mendapatkan banyak hal berharga dari keikutsertaannya di kegiatan PPAP. “Kami atas nama Pendidikan Biologi sangat bangga atas capaian prestasi Lutfi,saya selalu mendukung semua mahasiswa yang ingin mengembangkan potensi dirinya baik secara akademik di dalam kampus maupun di luar kampus. Pengalaman  mahasiswa di luar kampus sangat cocok dengan pencapaian IKU 2 dan Prodi memberikan kesempatan serta memfasilitasi mahasiswa untuk mencari pengalaman di luar kampus untuk mengembangkan dirinya. Besar harapan kami Lutfi akan dapat mengemban tugas mulia ini mewakili provinsi Jambi, dapat menimba pengalaman sebanyak-banyak di tempat yang baru yaitu Provinsi Jawa Timur dan Papua Barat. Setelah pulang, Lutfi juga dapat mengimplementasikan hal-hal baru yang diperolehnya dari kegiatan ini pada masyarakat Desa Teluk Pandan khususnya dan Provinsi Jambi umumnya,” ujar Kaprodi Pendidikan Biologi.

Senada dengan yang diutarakan Kaprodi Pendidikan Biologi, Ketua Prodi Manajemen FEB UNJA, ibu Dr. Musnaini, S.E.,M.M., juga menyampaikan kegembirannya atas apa yang ditorehkan oleh Grace Martini yang menjadi Delegasi Putri dalam kegiatan PPAP 2022. Selaku Kaprodi Manajemen, ia mengucapakan selamat kepada mahasiswi kita Grace Martini yang telah menjadi juara 1 delegasi Provinsi Jambi dalam kegiatan PPAP 2022. Prestasi ini sangat membanggakan, karena dapat memberikan nilai tambah bagi Prodi, Fakultas, maupun Universitas, dan tentunya juga bagi mahasiswi yang bersangkutan. “Prestasi ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk berkarya dan mengikuti lomba-lomba tingkat provinsi maupun nasional. Harapan kami semoga Grace Martini nantinya bisa menjadi juara PPAP se-Indonesia, Aamiin, serta membawa daerah Jambi dan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi lebih dikenal di seluruh Indonesia. Pesan saya ke Grace, belajar lagi dan belajar lagi agar bisa masuk final di tingkat nasional,” pungkas Kaprodi Manajemen. (*/kar)

Kunjungi : www.uja.ac.id 

Sumber: