>

Pengumuman CPNS Sungaipenuh Molor

Pengumuman CPNS Sungaipenuh Molor

2013, Tes CPNS Digelar Setiap Hari


SUNGAIPENUH-Meski hasil pemeriksaan Lembar Jawaban  Komputer (LJK) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kota Sungaipenuh telah diserahkan oleh Menpan pada Rabu (19/09) kemarin, namun hingga kini Pemkot Sungaipenuh belum kunjung mengumumkan hasil seleksi CPNS tersebut.

Kepala BKD Kota Sungaipenuh, Pusri Amsyi, di konfirmasi oleh harian ini melalui telepon selulernya kemarin (20/09), mengatakan saat ini hasil pemeriksaan LJK seleksi CPNS Kota Sungaipenuh telah diterimanya, sementara dirinya masih berada di Sumatera Barat menuju Kota Sungaipenuh.

‘‘Saya sekarang sedang di perjalanan dari Padang, pagi besok (hari ini_red) sampai di Sungaipenuh, jadi keputusan kapan hasil tes CPNS ini diumumkan besok, berdasarkan keputusan Walikota Sungaipenuh,’‘kata Pusri melalui telepon selulernya kemarin malam.

Ia menjelaskan, sesampai di Sungaipenuh hasil pemeriksaan LJK yang dikemas dalam amplop bersegel ini akan diserahkan ke Walikota, untuk dibuatkan SK hasil seleksi tes CPNS Kota Sungaipenuh, baru kemudian diumumkan.

‘‘Yang diserahkan ke kita cuma dalam bentuk hasil pemeriksaan berupa nilai tes tertulis, nanti akan di SK-kan oleh Walikota hasil seleksinya, dilengkapi dengan nama-nama yang lulus, bisa jadi akan diumumkan Jum’at atau Sabtu, selambat-lambatnya Minggu,’‘ katanya.

‘‘Intinya tergantung keputusan dari Walikota. Kita berharap perserta seleksi CPNS Kota Sungaipenuhm dan segenap warga Kota Sungaipenuh untuk bersabar dan tidak percaya isu-isu yang beredar, hasilnya kita jamin sesuai dengan hasil pemeriksaan dari pusat,’‘tukasnya.

Sementara itu, warga Kota Sungaipenuh terutama para peserta tes CPNSD Kota Sungaipenuh tahun 2012 terus mempertanyakan jadwal pengumuman hasil CPNS tersebut.

Bahkan, tidak sedikit warga yang manaruh curiga keterlambatan pengumuman berbau kecurangan. ‘‘Katanya hari Senin hasilnya diumukan, kita tunggu tapi tidak ada, terus infirmasinya lagi hari ini, kita sudah datang ke BKD, tapi juga tidak ada, jangan-jangan hasilnya mau diubah dulu,’‘ujar salah satu peserta tes CPNSD yang enggan disebutkan namanya.

Di bagian lain, setelah sukses menjalankan tes CPNS 2012,  pemerintah mulai menatap rencana tes serupa untuk periode 2013. Pemerintah sudah berancang-ancang jika tes CPNS 2013 yang dialokasikan untuk tenaga honorer kategori II itu bisa dijalankan setiap hari.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) Eko Prasojo mengatakan, tes CPNS tahun depan bisa dilaksanakan setiap hari asalkan program Computer Assisted Test (CAT) sudah berjalan. ‘‘Pengadaan CPNS dengan sistem ini lebih transparan, akuntabel, dan hemat biaya,’‘ katanya.

Eko mengatakan, saat ini pemerintah sudah berhasil mendirikan CAT sebanyak 12 unit. Seluruh CAT itu ada di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat dan BKN regional. Setiap program CAT yang sudah berdiri ini, memiliki kapasitas 50 peserta ujian.

Untuk membangun CAT dengan kapasitas 50 peserta ujian dibutuhkan anggaran Rp 3,7 miliar. Sedangkan untuk mendirikan CAT berkapasitas 100 peserta ujian, membutuhkan anggaran Rp 7,7 miliar. Awal tahun depan, pemerintah memasang target jaringan CAT sudah terpasang di 33 pemprov.

Dia menerangkan, pelaksanaan teknis tes CPNS dengan memanfaatkan CAT mirip dengan uji kompetensi guru (UKG) yang beberapa waktu lalu dijalankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). ‘‘Peserta ujian CPNS langsung menjawab pertanyaan di komputer yang sudah terhubung dengan server induk,’‘ kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: