>

Lapangan GOR Jadi Lautan Manusia

Lapangan GOR Jadi  Lautan Manusia

JAMBI - Ribuan pengunjung padati lapangan Gedung Olah Raga (Gor) Kota baru, tadi malam. Mereka menyaksikan pembukaan Kemilau Sumatera dan pekan pesona budaya Jambi, yang langsung dibuka oleh Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA). Rencanaya, acara ini berlangsung hingga 16 Oktober mendatang.

Acara kemilau sumatera ini, dihadiri 10 Provinsi yang ada di Sumatera. Mereka pamerkan budaya unggulan mereka masing-masing. Tak hanya itu, acara ini juga diikuti oleh setiap Kabupaten/kota Seprovinsi Jambi. Mereka juga pamerkan keunggulan kabupaten mereka masing-masing.

Pada acara pembukaan ini juga, mereka menampilkan beberapa parade budaya unggulan mereka masing-masing. Untuk dikethui, Event Kemilau Sumatera ini adalah event tahunan. Pada tahun 2012 ini, Jambi yang dipilih menjadi tuan rumah oleh kementerian.

Dalam sambutannya, Didy Wurjanto, Kepala Dinas Disbudpar Provinsi Jambi mengatakan, event Kemilau Sumatera adalah Event yang sangat strategis untuk promosi budaya masing-masing Provinsi. Dengan adanya event ini, Didi berjanji akan lebih  menyemarakkan acara tersebut. 

“Sebulan yang lalu, telah dilakukan conversi pers di pusat. Inilah kesempatan kita untuk memperkenalkan budaya Jambi,” ujarnya.

“Kita juga berterima kasih kepada Danrem 042/Garuda putuh, yang telah membantu dan telah memamerkan panser dari Kodam II Sriwijaya,” katanya.

Selain itu, menurut dia, Kemilau sumatera ini, secara khusus, juga menempatkan para seniman untuk melakukan promosi. Bahkan, pedagang kali lima (PKL), juga ikut menyemarakkan. Mereka, juga diikutkan dalam acara pesta rakyat simpedes.

Parade yang ditampilkan dari provinsi dan kabupaten/kota ini, sekitar pukul 21.30 WIB, baru selesai. Meskipun demikian, pengunjung masih memadati lapngan GOR Kota Baru, untuk melihat, ratusan para bujang dan gadis Jambi yang akan mengikuti event pemilihan bujang gadis Jambi. 

Sementara itu, Staf ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bidang Holtikultural, Hari Untoro Drajat mengatakan, kemilau sumatera merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan bergiliran di setiap Provinsi di Sumatera. Tujuan diadakan acara tersebut adalah, untuk mempromosikan potensi wisata, kuliner, budaya yang bersipat unik dan unggulan, agar dikenal di seluruh indonesia. Sehingga bisa menggerakkan para wisatawan ke Indonesia.

Selain itu, dikatakannya, acara kemilau sumatera ini juga dapat mengunjungi suatu daerah dan pameran budaya.

“Saya menyambut baik acara ini. Mudah-mudahan acara ini lebih meriah,” tandasnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua daerah yang telah mengirimkan peserta dan mempromosikan budaya. Begitu juga dengan TNI,” katanya.

Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA), menyambut baik dengan diadakannya acara kemilau sumatera ini di Jambi. Terutama kepada menteri ekonomi kreatif. Menurutnyan kegiatan ini, bukanlah acara sesaat.

“Harapan kita, setelah acara ini, geliat budaya kita menjadi geliat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: