>

Nilai di Bawah Standar

Nilai di Bawah Standar

UKG Tahap Kedua

JAMBI- Nilai para guru yang mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap 2 masih berada di bawah rata-rata. Nilai seharusnya yang diraih untuk dinyatakan lolos UKG ini adalah 70. Sementara, nilai rata-rata guru yang mengikuti UKG berkisar antara nilai 42 hingga 45.

\"Ya walaupun ada juga yang lebih dari 70 namun hanya beberapa. Nilai masih seperti tahap awal (UKG Pertama, red) di bawah standar. Paling 42 atau 45, rata-rata nilainya begitu,\" ungkap M Rifai, Kadisdik Kota Jambi.

Ditanya soal kendala, ia menjelaskan, banyak kendala yang ia dengar dari para guru. Seperti, soal yang diujikan diluar bidang pendidikan yang dikuasai guru. \"Tes online juga, teman-teman kita masih banyak yang gugup menggunakan komputer. mengoperasikan komputer ragu, waktu habis pertanyaan masih banyak. Soal yang dibuat itu, masalah keprofesionalan dan akademik dan ilmu pendidik. Ilmu pendidik ini kan waktu kuliah dulu yang belajar. Kalau sudah jadi guru jarang mempelajari itu lagi, paling pengalaman sehari-hari,\" katanya.

UKG sendiri, dilakukan terhadap semua guru yang merupakan Pegawai Negeri. Jumlah guru yang mengikuti UKG tahap kedua ini berjumlah kurang lebih 2000 orang. Sebelumnya, dalam UKG tahap pertama, jumlah peserta UKG juga demikan.

\"UKG Ini dilakukan untuk smua guru yang pegawai. Terutama yang disertifikasi karena memang yang mau dilihat adalah mutunya sudah sejauh mana. Tindak lanjut kita akan ada pemetaan. Jadi nanti ada pelatihan-pelatihan untuk guru yang nilainya dibawah standar,\" ujarnya.

UKG tahap 2 sudah dilaksanakan, katanya, sejak 1 Oktober hingga 10 oktober lalu. \"Hasilnya langsung online, namun rekap hasilnya belum sampai kepada saya. Dari yang pertama dulu juga belum disampaikan rekapnya kepada kita,\" pungkasnya.

(wsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: