>

Disbunhut akan Tanam 5 Ribu Pohon

Disbunhut akan Tanam 5 Ribu Pohon

SAROLANGUN - Kepala Dinas Perkebunan Dan Kehutanan (Disbunhut) Sarolangun, Ir Joko Susilo, menginformasikan, dalam rangka memperingati bulan menanam Indonesia, pihaknya dalam waktu dekat akan menanam lima ribu pohon untuk rakyat.

            Kegiatan ini, katanya, akan dilaksanakan sekitar 15 Desember 2012, dan dipusatkan di sekitar Kantor Kecamatan Mandiangin, ‘’Waktu yang pasti belum tahu, karena kami lagi menunggu kapan kesediaan bapak Gubernur Jambi, Drs H Hasan basri Agus. Yang jelas paling lama, 15 Desember 2012, sudah melakukan itu,’’ katanya.

            Dijelaskannya, pohon yang ditanam adalah jenis mahoni dan gaharu, sebab dua tanaman ini sangat cocok untuk hidup di bumi sepucuk adat serumpun pseko, dengan harapan bisa mengurangi emisi gas kaca.

            ‘’Kami memilih dua jenis pohon ini, karena untuk pohon mahoni tingkat kehidupannya sangat tinggi atau murah hidup di ikilim seperti Sarolangun. Sedangkan untuk pohon gaharu sangat diminati masyarakat dan merupakan jenis tanaman hutan,’’ ujarnya.

            Joko mengatakan, ribuan pohon yang akan ditanam itu akan disebarkan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangu, dan ditanam di sepanjang jalan, sekolah-sekolah dan istansi lainnya. ‘’Setiap kecamatan akan dapat lima ratus pohon, dan disebarkan di sekolahan serta sepanjang jalan yang dianggap perlu penghijauan,’’ ujarnya.

            Dengan adanya kegiatan bulan menanam ini, katanya, diharapkan msyarakat akan memiliki budaya menanam, sehingga sarolangun lebih hijau, ‘’Harapan kami masyarakat Sarolangun memiliki kebiasaan menanam ketimbang menebang,’’ imbuh Joko.

(zha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: