>

ISPA dan Diare Mendominasi

ISPA dan Diare Mendominasi

Paska Banjir di Kota Jambi

JAMBI-ISPA dan diare menjadi penyakit yang paling dominan paska banjir di Kota Jambi.

Namun demikian, menurut  Kabid  Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Kota Jambi Erwan Mujio, angka penderita dua penyakit ini jsutru memperlihatkan penurunan.

‘’Jika dibandingkan dengan Desember 2012 lalu, Januari 2013 ini memperlihatkan penurunan. Namun tetap menjadi penyakit yang paling dominan paska banjir,’’  jelasnya.

Menurutnya, penurunan penyakit ini terlihat dari laporan 2 Puskesmas di Kota Jambi,  yakni dari Puskesmas Putri Ayu, sebelumnya 13 kasus turun menjadi 6 kasus. Begitu pula dengan ISPA, 64 kasus di bulan Desember 2012 turun menjadi 56 kasus di Bulan Januari ini. Dari Puskesmas Tanjung Pinang terdapat 27 kasus diare, bulan ini turun menjadi 8 kasus. Sedangkan ISPA  Desember 2012 terdapat 102 kasus, dan Januari 2013 juga turun menjadi 68 kasus.

“Untuk sementara baru 2 puskesmas saja yang sudah mengirim laporannya ke inas Kesehatan Kota,“ katanya.

Namun demikian, menurutnya,  kasus-kasus penyakit tersebut bisa saja mengalami peningkatan karena banjir masih terjadi.

“Kita akan lihat dan pantau dalam satu bulan ke depan, sekarang kan masih banjir, jadi kita belum tau apakah penyakit tersebut akan mengalami peningkatan significant atau tidak, “ujarnya.

 “Sebagai antisipasi kita akan selalu memantau masyarakat dan meminta masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan mereka, “ sebutnya.

(cr7)

           

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: