Aher-Demiz Gubernur Terpilih

Aher-Demiz Gubernur Terpilih

BANDUNG -- Calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dengan nomor urut empat, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Suara Pilgub Jabar dan Rapat Penetapan Cagub-Cawagub Terpilih Pilgub Jabar 2013 yang digelar di Aula KPU Jabar, Jalan Garut, kemarin (3/3).

 

Dalam rapat rekapitulasi tersebut, pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar menang satu putaran dengan raihan 6.515.313 suara dengan 32.33 persen selisih 800.316 suara dengan kandidat nomor urut lima, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki yang meraih 5.714.997 suara atau 28.41 persen.

 

Adapun diposisi ketiga ada pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana yang meraih 5.077.522 atau 25.24 persen, di posisi ke empat diduduki oleh pasangan nomor dua, Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim dengan 2.448.358 atau 12.17 persen, dan posisi akhir oleh Dikdik MA Mansyur-Cecep Suryana Toyib yang meraih 359.233 suara atau 1.79 persen.

 

Hasil ini di dapat dari suara sah 20.115.423 dengan suara tidak sah 598.356 suara. Adapun total partisipasi pemilih berjumlah 20.713.779 pemilih atau setara dengan persentase 63 persen dari DPT Jabar yang berjumlah 32.5 juta pemilih.

 

Pada rapat pleno rekapitulasi hasil suara tersebut, dibacakan terlebih dahulu berita acara hasil rekapitulasi suara di setiap KPUD Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Dalam pembacaan berita acara tersebut, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar berhasil menang di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasik, Kabupaten Kuningan, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Tasik, Banjar, dan Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan, pasangan Rieke-Teten unggul di Kota Cirebon, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Cirebon.

 

Adapun kandidat nomor urut tiga, pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana memiliki basis suara di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Purwakarta. Sedangkan Kabupaten Indramayu, di dominasi oleh pasangan nomor urut dua, Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim yang meraih hampir 50 persen suara di daerah pesisir Pantura tersebut.

 

Dalam rapat rekapitulasi hasil suara tersebut, beberapa kali menuai protes yang disampaikan oleh saksi dari Tim Paten, Waras Wasisto yang mengaku keberatan dengan hasil rekapitulasi suara di Kabupaten Kota. Pasalnya, dalam setiap rekapitulasi dari setiap Kabupaten Kota tersebut, pihaknya enggan menandatangani berita acara dikarenakan adanya indikasi kecurangan dalam penyelenggaraan Pilgub Jabar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: