Pelayanan di Arafah-Mina Membaik

Pelayanan di Arafah-Mina Membaik

      Sementara itu, pergerakan jamaah yang sudah menyelesaikan wukuf di Arafah membuat Kota Makkah kembali padat luar biasa. Sejak tengah malam, akses Kota Suci umat Islam itu kota Makkah mengalami kemacetan di mana-mana. Jamaah haji dari Muzdalifah yang memilih bergerak ke Masjidilharam untuk melakukan tawaf ifadhah ataupun salat Idul Adha harus berjam-jam untuk bisa masuk. Demikian juga jalur menuju Mina.

      Kepadatan itupun membuat warga Arab yang menjadi tukang ojek atau taksi panen penumpang. Mereka melayani rute Mina-Masjidilharam dengan harga yang membumbung. Maklum, kini tidak ada lagi bus-bus yang melayani jamaah ke Masjidilharam seperti saat sebelum prosesi Armina dulu. Tapi, tidak sedikit jamaah haji yang memilih untuk berjalan kaki ke Masjidilharam dari maktab di Mina. Padahal, jaraknya lebih dari 5 kilometer.

      Jamaah haji Indonesia diperkirakan kembali ke pemondokan di Makkah pada 12 Zulhijah atau besok (17/10). \"Beberapa hari setelah itu, gelombang pertama akan bersiap kembali ke tanah air. Dijadwalkan, pada 19 Oktober kepulangan perdana jamaah ke Tanah Air. Di antaranya jamaah dari embarlasi Surabaya \"(SUB) 1. Adapun gelombang dua giliran berangkat ke Madinah untuk melaksanakaan arbain.

(hud/agm/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: