Paradoks Pendidikan Kita

Paradoks Pendidikan Kita

Bagi guru, bukan waktunya lagi membicarakan jam kerja guru, pemerintah mesti mengarahkan perhatian pemberdayaan guru (empowerment): (1) memberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan kualitas diri secara total baik di sekolah maupun ditengah masyarakat, (2) mendisain kegiatan yang bagi guru untuk berfikir kritis dalam mengembangkan proses pembelajarannya dan (3) tidak ‘mengurung’ guru di sekolah tanpa makna. Idealnya, kualitas pendidikan tidak boleh terfokus pada jam kerja tetapi pem­ber­dayaan tenaga pendidik merupakan perwujudan capacity building yang bernuansa pada pemberdayaan sumber daya manusia tenaga pendidik melalui pengembangan berbagai kemampuan (kinerja) dan tanggungjawab serta suasana sinergis antara pemerintah (masyarakat) dengan guru. 

Kepada kepada stakeholder pembuat kebijakan pendidikan, hentikan ‘ngurus’ jam kerja guru yang tidak substantif tapi fokuskan perhatian meningkatkan kualitas proses pembelajaran, membuat kegiatan untuk meningkat kompetensi guru, bayar sertifikasi guru tepat waktu. Semoga kita bersinergi membangun pendidikan Indonesia!

*) Pemerhati Pendidikan, Guru MAN Muara Bulian, Anggota PELANTA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: