SDN 9 Terapkan Pembelajaran PAKEM

SDN 9 Terapkan  Pembelajaran PAKEM

DALAM upaya meningkatan kualitas peserta didiknya, maka SDN 9 Kota Jambi menerapkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) kepada siswanya dalam proses belajar mengajar di kelas.

Adapun yang menarik diruangan kelas adalah pajangan-pajangan hasil karya siswa, baik berupa individu maupun hasil kelompok yang ditempel di dinding kelas, sehingga membuat kelas lain dari sebelumnya. Apalagi disertai portofolio siswa yang telah diisi dengan nilai-nilai siswa menghiasi dinding kelas mereka.

Kelas-kelas yang cukup menarik perhatian adalah kelas 5 dan kelas 6. Dimana penataan kelas ini adalah hasil kerjasama guru dan siswa. Kelas ditata menggunakan karton bekas dan kertas warna yang dibuat oleh siswa sebagai hasil karya mereka.

Kepala SDN 9 Kota Jambi, Rosmiati Jalil, SPd menyebutkan bahwa dengan penerapan pembelajaran PAKEM sangat membatu guru dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran. Penataan kelas dan penggunaan Information Communication and Techonologi (ICT) serta memenuhi kebutuhan guru dalam tugas sehari-hari dalam proses belajar mengajar.

“PAKEM diterapkan di SDN 9, karena memang sangat membantu anak lebih kreatif dan berani mengemukaan pendapat dan guru juga bertindak sebagai fasilitator dan motivator dalam pembelajaran,” ujar Rosmiati.

Hal ini tampak dalam kelas siswa kelas V belajar berkelompok dan menggunakan alat peraga yang telah disiapkan sang guru. “Nama-nama kelompok nampak jelas, ada kelompok sastra, pribahasa , tata bahasa, puisi dan prosa tergantung topik yang mau diajarkan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Pembelajaran yang diterapkan sangat cocok dengan pembelajaran apa saja baik matematika ataupun bahasa. “Guru juga dituntut untuk membuat alat peraga supaya anak cepat mengerti dan pembelajaran tidak bosan,” pungkasnya.

(lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: