>

Jokowi Temui Slank, Prabowo Konsolidasi

Jokowi Temui Slank, Prabowo Konsolidasi

      Prabowo juga membeber visi politik luar negerinya bila terpilih kelak. Dia berprinsip akan mengumpulkan banyak sahabat dalam pergaulan internasional. Ini mirip strategi diplomasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yakni zero enemies making thousand friends. \"Kita menganut filosofi ingin bersahabat dengan semua pihak, seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak. Kita hormati semua negara, tapi kita juga berharap semua negara juga hormati kita,\" kata Prabowo.

 

Pengumuman LHKPN Dimajukan

 

  Laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) para bakal calon presiden dan calon wakil presiden segera diketahui publik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memajukan jadwal pengumuman LHKPN capres dan cawapres.

 \"Rencana (pengumuman) adalah tiga hari sebelum pemungutan suara (9 Juli 2014). Namun, kami ingin buat lebih cepat,\" ujar Hadar Nafis Gumay, komisioner KPU, di kantornya, Jakarta, kemarin (27/5).

 Menurut Hadar, KPK adalah lembaga yang memverifikasi, termasuk mengumumkan, hasil LHKPN. KPU ingin memajukan jadwal karena adanya pemungutan suara di luar negeri yang lebih awal daripada pilpres di dalam negeri. Sebagaimana diketahui, pilpres di luar negeri digelar pada 4\"6 Juli. \"Kami ingin diumumkan sebelum pemungutan suara luar negeri,\" jelasnya. LHKPN para capres dan cawapres mungkin akan diumumkan pada 1 Juli.

 Terkait kekurangan berkas administrasi dari setiap pasangan calon, Hadar menyatakan, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah melengkapi semua berkas yang kurang. \"Sudah diserahkan hari ini (kemarin, Red) oleh kedua tim pasangan calon,\" ujar Hadar.

 Semua berkas administrasi, kata Hadar, akan diverifikasi KPU. KPU akan menggelar pleno tertutup pada 31 Mei untuk menentukan hasil akhir yang menentukan layak tidaknya para bakal calon tersebut ditetapkan sebagai calon.

 \"Intinya, akan menetapkan para bakal calon kita ini, lalu kita bikin SK KPU. Kami juga akan keluarkan SK daftar calon presiden dan wakil presiden. Kita bakal sosialisasikan,\" jelasnya.

 Pengundian nomor urut capres dan cawapres akan digelar pada 1 Juni. Pada 2 Juni KPU melakukan rapat bersama tim kampanye pasangan calon untuk membahas kampanye. Masa kampanye pada 4 Juni hingga 5 Juli akan dibagi berdasar kesepakatan KPU dan tim kampanye.

 \"Tanggal 3 Juni kita ada semacam acara penyampaian tekad bersama, menciptakan pemilu yang damai dan berintegritas. Tanggal 4 baru kampanye,\" tandasnya.

Mufidah Kalla Sarankan Jokowi-Prabowo Lomba Mengaji

Persaingan dua bakal pasangan calon yang bertarung dalam pemilu presiden sudah dibumbui kampanye hitam atau black campaign. Upaya menanggulangi kampanye hitam itu bagi Mufidah Kalla, istri Jusuf Kalla (JK), mudah. Kedua calon sebaiknya menguji kapasitasnya dengan beradu mengaji.

 Hal tersebut disampaikan Mufidah setelah menerima dukungan terhadap pencalonan Joko Widodo-JK dari komunitas Green Hijabers di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) kemarin (27/5). Mufidah menyatakan, kampanye hitam sebaiknya tidak terlalu ditanggapi. Sebab, hal itu hanya upaya untuk mencari kesalahan dari pihak yang hendak dijatuhkan. \"Itu ini sajalah, mencari-cari kesalahan saja. Semua orang kan sudah tahu bagaimana ya,\" ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: