>

Berkat OCA, Sekolah Mitra Tanoto Foundation di Tanjab Timur Raih Juara 1 Lomba Perpustakaan

Berkat OCA, Sekolah Mitra Tanoto Foundation di Tanjab Timur Raih Juara 1 Lomba Perpustakaan

JAMBI-Perpustakaan SMPN 12 Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) dinobatkan sebagai juara 1 lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP/MTs tahun 2019 se-Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Juara itu diraih setelah melalui beberapa tahap penjurian yang dilakukan oleh tim perpustakaan Kab. Tanjab Timur.

Dari total 30 perpustakaan baik SMP negeri maupun swasta yang ikut lomba, diseleksi menjadi 10 besar, lalu 5 besar, dan 3 besar.

Kepala Sekolah SMPN 12 Tanjab Timur, Anita Sriyuanti, mengatakan dalam lomba perpustakaan ini, tim penilai melihat dari beberapa aspek. Termasuk sarana prasarana, koleksi buku, manajemen hingga program-program kegiatan apa yang mendukung kegiatan literasi.

\"SMPN 12 Tanjab Timur selalu mengikuti lomba perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dan alhamdulilah berhasil menjadi juara 1,\" ujarnya.

Setiap tahun sekolah menganggarkan 20-25 % dari total anggaran dana BOS untuk perpustakaan baik untuk membeli buku-buku dan sarana prasarana lain yang dibutuhkan perpustakaan.

Selain dari dana BOS, perpustakaan SMPN 12 Tanjab Timur juga mendapatkan hibah dana dari berbagai pihak seperti alumni, komite sekolah, Dinas Pendidikan dan instansi lain.

Sumbangan tersebut berupa uang dan barang, digunakan untuk membangun outdoor library, bangku baca di bawah pohon, kipas angin dan tanaman pelindung.

Program OCA

Keunikan yang dimiliki perpustakaan SMPN 12 Tanjab Timur adalah “OCA” yaitu Ojek Baca, ojek baca ini diadakan dengan pertimbangan lokasi haaman sekolah yang sangat luas yakni dua hektar.

Luasnya halaman sekolah membuat siswa bisa membaca buku di tempat yang diinginkan.

\"Jika tidak sempat ke perpustakaan pada saat istirahat mereka dapat duduk duduk di bawah pohon sambil menunggu OCA lewat untuk meminjam buku dan ternyata OCA ini efektif untuk dapat mendekatkan buku ke siswa dan meningkatkan minat baca,\" ujar Anita.

Berkat keberhasilan menjuarai perpustakaan, pada tahun 2021 ini perpustakaan SMPN 12 Tanjab Timur mendapatkan kesempatan untuk akreditasi perpustakaan nasional yang diselenggarakan oleh Pustaka Nasional Jakarta dengan asesor Martini, S.Sos.

Pelaksanaan akreditasi secara virtual (Zoom Meeting). Terdapat 4 poin besar yang menjadi target akreditasi yaitu Pengadaan bahan pustaka, Pengelolaan, Pelayanan dan Sarpras, serta Keunikan/Kekhasan.

Kepala Dinas Pendidikan Tanjab Timur Drs. Junaedi Rahmad, MH memberikan apresiasi terhadap kegiatan akreditasi perustakaan SMPN 12 Tanjab Timur dan berharap dengan akreditasi dapat meningkatkan budaya baca warga SMPN 12 Tanjab Timur dan bisa menjadi inspirasi bagi perpustakaan sekolah lain di Kab. Tanjab Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: