>

BI Gelar Roadshow dan Edukasi QRIS

BI Gelar Roadshow dan Edukasi QRIS

MUARASABAK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menggelar Roadshow dan Edukasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), berlokasi di Gedung TP-PKK, Kamis (27/5).

\"BI-2\"

Pada dasarnya kegiatan ini digelar di tiga kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. Pada hari Selasa 25 Mei 2021 Roadshow dan Edukasi QRIS Bank Indonesia digelar di Kota Jambi dengan peserta pedagang tradisional Pasar Aurduri dan Pasar Pasir Putih. Kemudian Kamis, 27 Mei 2021 dilaksanakan di Kabupaten Tanjabtim dengan peserta pelaku UMKM. Dan Jumat, 28 Mei 2021, digelar di Kabupaten Muaro Jambi dengan peserta yang berasal dari pengurus masjid dan pesantren, pedagang tradisional dan pelaku UMKM.

\"BI-3\"

Asisten Analis Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Lidya Susilo dalam mengatakan, dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran yang lancar, aman, efisien dan andal, sejak tanggal 14 Agustus 2014 Bank Indonesia bersama dengan Pemerintah telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk mendorong masyarakat menggunakan instrumen pembayaran non tunai.

\"4_22\"

Perkembangan inovasi teknologi informasi membawa peranan besar dalam Penyelenggaraan Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Pesatnya perkembangan industri dan meningkatnya adopsi masyarakat terhadap smartphone di Indonesia mendorong perusahaan teknologi dan keuangan memanfaatkan teknologi sebagai media pembayaran retail. “Hal ini membuat layanan mobile payment di dalam smartphone menjadi media pembayaran baru bagi masyarakat sekaligus untuk meningkatkan keuangan inklusif di Indonesia. Salah satu penggunaan teknologi dalam mobile payment yang berkembang pesat saat ini adalah penggunaan Quick Response Code,” katanya.

 \"5_19\"

Dijelaskannya, sejalan dengan implementasi QRIS sebagai salah satu alternatif media pembayaran non tunai sebagaimana diatur dalam Peraturan Anggota Dewan Gubenur (PADG) No.21/18/PADG/2019 tanggal 16 Agustus 2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi telah memfasilitasi pendaftaran merchant untuk memperoleh QRIS melalui PJSP berizin QRIS di Provinsi Jambi. “Sejak QRIS diluncurkan, berbagai kemajuan pesat sudah dicapai. Saat ini terdapat 61 PJSP baik bank maupun nonbank yang sudah mendapat izin dari Bank Indonesia,” jelasnya.

\"Dengan dukungan penuh dari Bank Indonesia selaku regulator QRIS, PJSP sebagai penyedia layanan QRIS, pemerintah sebagai penyedia infrastruktur penunjang QRIS, stakeholders lain dan tentunya dengan akseptasi masyarakat terhadap tekhnologi, khususnya di Kota Jambi selaku pengguna QRIS; optimisme akan perluasan implementasi QRIS yang membawa efisiensi pembayaran dapat terus meningkat,” terangnya.

Sementara, Pimpinan Bank Pembangunan Daerah Cabang Muara Sabak, Muhammad Alawi, SE berharap dengan dalam pertemuan ini dapat meningkatkan penggunaan QRIS, agar perekonomian Kabupaten Tanjabtim bisa meningkat. \"BPD Kantor Cabang Muara Sabak berkomitmen untuk membantu pencanangan dan perluasan implementasi program ini,\" ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjabtim, yang diwakili oleh Kabid Perindustrian, Rispa Susanti menuturkan, sesuai dengan visi Kabupaten Tanjabtim dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, Pemda memiliki misi mengembangkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi.  \"Sejalan dengan itu, Disperindag Tanjabtim terus berupaya dalam meningkatkan sarana dan prasarana aparatur dalam memberikan pelayanan bagi pengembangan IKM dan pelaku usaha,\" tuturnya.

Disperindag Kabupaten Tanjabtim mengapresiasi setiap inovasi pengembangan IKM, salah satunya melalui perluasan layanan pembayaran nontunai dan QRIS. \"Oleh karena itu, kami berharap Bank Jambi dan seluruh PJSP lainnya dapat memperkuat perekonomian Kabupaten Tanjabtim melalui upaya perluasan implementasi akuisisi merchant QRIS di Tanjabtim,\" harapnya.

Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penayangan video dan pemaparan materi QRIS oleh Bank Indonesia serta penyampaian materi aplikasi, produk dan layanan pembayaran digital oleh Bank Jambi KC Muara Sabak. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: