DOSEN DIGITAL

DOSEN DIGITAL

Ditulis Oleh : Efitra, M.Kom

 ( Dosen Sistem Informasi Fakultas FST UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi )

 Dunia Pendidikkan, belakangan ini era Covid-19 memiliki tantangan yang sangat besar dalam menghadapi situasi yang tak menentu. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terganggu oleh wabah virus ini, mengakibatkan sejumlah kampus meliburkan kegiatan belajar mengajar. Dampak Covid-19 menyebabkan tingkat efektifitas dan aktifitas kampus terhambat terutama dalam kegiatan belajar mengajar tatap muka terhenti. Kegiatan belajar mengajar di kampus tidak bisa dihentikan begitu saja, mengingat pendidikkan adalah sangat penting dan menjadi ancaman bersama di masa akan datang.

Untuk menghadapi tantangan ini, sejumlah kampus di Indonesia harus berinovasi dan beradaptasi tetap melakukan aktifitas pembelajaran. Salah satu metodenya dapat digunakan adalah pembalajaran jarak jauh (daring). UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi salah satu kampus di Indonesia telah menggunakan metode tersebut, sebagai solusi menghadapi tantangan ini. Banyak hal yang harus dipersiapkan dimulai dari dosen dan teknologi yang digunakan.

 

Dosen merupakan salah satu faktor terpenting agar aktivitas pembelajaran secara daring tetap berjalan dengan baik dan efektif. Pemanfaatan Teknologi digital menjadi penting untuk mendukung aktifitas pembelajaran. Dosen dituntut untuk memilki kemampuan digital yang sesuai kondisi pembejaran era pendemi ini.

 

Saat ini, untuk penyelenggaraan pembelajaran tetap baik dan efektif, dosen harus menggunakan teknologi digital (Dosen Digital). Teknologi Digital hadir sebagai solusi yang tepat untuk dapat dimanfaatkan oleh dosen sebagai pendukung pembajaran. Banyak sekali layanan digital yang sudah tersedia saat ini bisa dipergunakan.

 

Dosen Digital merupakan bentuk optimalisasi dosen dalam upaya menyediakan sistem pembalajaran daring yang tetap berjalan dengan baik dan efektif. Tentu untuk menjadi Dosen digital harus mempunyai kemampuan (skill) dibidang teknologi digitalisasi. Dosen dapat memanfaatkan teknologi digital yang sudah tersedia maupun yang harus dikembangkan sendiri oleh dosen.

 

Kemudian, bagaimana cara menjadi Dosen Digital yang dapat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa, agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik dan efektif saat ini?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: