Sinergi Bank Jambi dan IAIN Kerinci Bang El : Kolabarasi Membangun Peradaban

Sinergi Bank Jambi dan IAIN Kerinci Bang El : Kolabarasi Membangun Peradaban

BANK Jambi dan IAIN Kerinci kembali melanjutkan sinergi, ini ditandai dengan pembaharuan MoU yang dilakukan Bank Jambi dan IAIN Kerinci Jum\'at (4/3) lalu, yang dilakukan di Ruang Rektor IAIN Kerinci. Dirut Bank Jambi, Dr. H. Yunsak El Halcon, S.H.,M.Si yang akrab disapa Bang El mengungkapkan, perhatian Bank Jambi tidak hanya pada peningkatan angka kredit saja, namun banyak lagi seperti peningkatan pendidikan dan ekonomi masyarakat.

\"

\"Banyak produk dari Kerinci yang memiliki nilai jual bukan saja ditingkat nasional, namun hingga tingkat internasional, inilah untuk peningkatan ekonomi masyarakat setempat,\" urai Bang El.Sinergi Bank Jambi dan IAIN Kerinci juga dalam rangka berkooaborasi membangun peradaban. Pasalnya di Kabupaten Kerinci memiliki banyak potensi hasil perkebunan masyarakat, yang dapat dikembangkan bahkan diekspor ke mancanegara. Sebut saja teh kayu aro, kayu manis, kopi robusta dan masih banyak lagi hasil perkebunan di Kabupaten Kerinci yang dapat dikembangkan.\"Ditambah Kabupaten Kerinci juga memiliki potensi alam yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata di Provinsi Jambi,\" terangnya.

\" Bahkan Bank Jambi pun memiliki fasilitas produk Mantap 24, yang memang diperuntukkan bagi usaha mikro, untuk pengembangan usaha masyarakat setempat.\"Dengan syarat yang mudah dan bunga yang rendah, ini bisa dipergunakan masyarakat untuk pengembangan usaha,\" katanya.Ditahun ini saja Bank Jambi telah menyiapkan dana UMKM sebesar Rp. 400 miliar lebih, dengan perincian KUR sebesar Rp. 300 miliar, KAR sebesar Rp. 75 miliar dan Mantap-24 sebesar Rp. 25 miliar. Ini memang diperuntukkan bagi para pelaku UMKM di Provinsi Jambi. Karena salah satu usaha untuk menjaga stabilitas ekonomi berasal dari UMKM.

\".

\"Bagi mahasiswa yang memang memiliki produk UMKM pun bisa menggunkan produk Mantap-24, pendidikan dan keuntungan usaha pun dapat diraih secara bersamaan,\" paparnya.Sementara, Rektor IAIN Kerinci, Dr. Asa\'ari, M.Ag mengungkapkan, MoU yang dilakukan adalah mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT), yakni pendidikan, pengajaran dan penelitian.\"Pengabdian kepada masyarakat, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kerinci,\" kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Halil Khusairi, M.Ag.Untuk mencapai peningkatan perekonomian masyarakat, sambungnya, maka dibutuhkan sinergi dengan lembaga keuangan, salah satunya Bank Jambi. Terlebih Dirut Bank Jambi pun merespon peningkatan pendidikan dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kerinci.\"Nantinya bakal ada realisasi dilapangan, yang dilakukan Bank Jambi dan OJK untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Baik berupa seminar pendidikan, keuangan dan penelitian,\" jelasnya.Dia mengungkapkan MoU yang dilakukan merupakan pembaharuan dari MoU yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 silam.

Dengan pembaharuan MoU tentu akan lebih meningkatkan kerjasama antara lembaga keuangan dan dunia pendidikan.\"Bahkan 2 mahasiswa alumni terbaik institut akan direkrut sebagai pegawai Bank Jambi. Sejak awal MoU Bank Jambi juga telah berkomitmen menampung mahasiswa magang dari IAIN Kerinci Ini merupakan komitmen Bank Jambi yang sangat memperhatikan lulusan terbaik yang kami miliki. Mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut, karena memang memiliki nilai positif untuk dilaksanakan,\" tandasnya.Dalam MoU tersebut juga dihadiri Pemimpin Cabang Bank Jambi Sungai Penuh Mulyadi Muin, Wakil Rektor I Dr. Ahmad Jamin, S.Ag, S.IP.,M.Ag, Wakil Rektor II Dr Jafar Ahmad, S.Ag.,M.Si, Wakil Rektor III Dr. Halil Khusairi, M.Ag, Kepala Divisi Kredit dan UMKM M. Alawi, Kepala Divisi Umum Achmad Jais, Kepala Divisi TI Nurhadi, Kepala Divisi Perencanaan Ridho dan jajaran IAIN Kerinci. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: