>

Tugas di Rumah Bikin Cewek Kian Pintar Memanajemen Diri

Tugas di Rumah Bikin Cewek Kian Pintar Memanajemen Diri

JAMBI- Memiliki tugas wajib di rumah ternyata berdampak baik untuk kedisiplinan diri sendiri. Menyapu, cuci piring, menjemur pakaian dan masak nasi, ini adalah contoh tugas rutin di rumah yang dikerjakan Elfa Suhairi Nuro. Menurut siswi SMAN 1 Merangin kelas X IPA ini, awal mendapat tugas rumah saat ia duduk di bangku SMP, saat itu ia memang sering merasa sedikit jengkel dan berat, namun makin ke sini, Elfa semakin merasakan manfaatnya.

“Ternyata berkat tugas-tugas itu, saya semakin terbiasa memanajemen diri,” ujar gadis kelahiran Jambi, 10 Februari 2007 ini. Semula ia selalu diingatkan oleh orangtuanya, namun lama kelamaan ia pun bisa melaksanakan tugas-tugas itu tanpa harus diberi alarm omelan oleh sang bunda.

“Secara otomatis, kalo nasi habis saya langsung masak, sore jadwalnya cuci piring, minggu saatnya mencuci pakaian,” ujarnya. Tugas-tigas itu membuat ia mengontrol sendiri kapan saatnya mengerjakan tugas di rumah dan kapan saatnya santai. “Lalu lama kelamaan, saya jadi enjoy aja mengerjakan semua itu,” lanjutnya.

Tujuan orangtuanya memberi tugas di rumah diakui Elfa sangat bermanfaat untuk dirinya secara pribadi di masa depan. “Terbayang kalo suatu saat sudah jauh dari orangtua, jadi anak kos, bekerja atau kuliah, jadi ngga canggung lagi,” lanjutnya. Orangtuanya juga lebih tenang meninggalkan rumah untuk kegiatan di luar, karena yakin anaknya punya kemampuan memanajemen rumah saat mereka tak di rumah. Ia juga merasa, semua tugas rumah itu juga penting dilakukan anak cewek, karena suatu saat perempuan juga akan mengurus keluarganya di masa depan.

Anak cewek yang terbiasa mengerjakan pekerjaan di rumah, dikatakan Elfa juga lebih cerdas memanajemen dirinya sendiri, terutama terhadap kerapian dan kebersihan dirinya. “Saya perhatikan beberapa teman yang tidak punya tugas di rumah, mereka cendrung kurang rapi sama dirinya sendiri, dari cara mereka nyapu saja sudah bisa kita nilai, pegang sapu aja ngga benar gimana hasil nyapu nya kan,” ujar Elfa tertawa. Memang tak semua orang begitu, tapi penyuka drama Thailand dan Drakor ini yakin, mereka yang terbiasa bekerja di rumah akan lebih cerdas memanajemen diri sendiri karena punya tanggung jawab rutin di rumah. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: